Kerajinan Kulit Telur Di Magelang

0 204

Kerajinan Kulit Telur Di Magelang

Dianggap tidak berguna, karena memang mereka belum mengerti. Jadi kalau sudah tahu, sang pemasak pun tidak serta merta membuang seenaknya bahan baku yang tak berguna tersebut. Apalagi setelah mereka mengetahui bila kulit-kulit sampah telur bisa digunakan sebagai media ukir dan bahkan bisa disulap menjadi sebuah karya seni kaligrafi dengan nilai sangat indah.

Pak Budiarso Aksa atau banyak para sobatnya di kampung sering memangilnya Bucek, memang profil anak muda yang suka akan kreatifitas. Sejak tahun 2008 baginya cangkang telur tidak dibuang, tapi justru dikumpulkan. Untuk nantinya dikreasikan guna menjadi aneka motif lukisan yang rumit, seperti: gambar-gambar berkarakter tokoh-tokoh terkenal, lukisan-lukisan satwa yang eksotik, stupa-stupa candi, dan banyak lagi.

Cangkang telur yang bisa dipakai tidak hanya bersumber dari telur peternakan moderen, tapi ada juga telur yang berasal dari peternakan biasa. Langkah awal pembuatan dimulai dengan memprioritaskan cangkang kosong yang masih baik kondisinya dan memiliki struktur yang kuat. Kemudian cangkang telur utuh digambar sesuai pola yang dikehendaki. Proses selanjutnya barulah cangkang diukir menggunakan bor khusus melalui teknik drilling dan carving. Rata-rata telur ukir hasil karya warga Desa Sedayu, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang dihargai sekitar Rp. 800 ribu hingga jutaan rupiah. Pangsa pasarnya pun sangat luar biasa, yakni banyak Negara di Benua Eropa dan Amerika.

Ini semua memerlukan kesabaran, ketelitian dan ketelatenan. Soalnya bagaimana mungkin membentuk ukiran pada suatu lapisan yang memiliki ketebalan dibawah satu milimeter. Sedikit saja terjadi kesalahan maka cangkang telur akan pecah, belum lagi sulit untuk diberikan warna. Hingga saat ini saja, Bucek yang sudah berpengalaman harus senantiasa hati-hati saat rutinitasnya menuntutnya untuk bekerja. Kira-kira proses ini memerlukan waktu selama 8 hari hingga 1 bulan untuk tiap 1 butir telur demi menjaga kualitas.

Source Kerajinan Kulit Telur Di Magelang Kerajinan Kulit Telur Di Magelang
Comments
Loading...