Kerajinan Kuningan Di Kota Juwana

0 306

Kerajinan Kuningan Di Kota Juwana

Juwana yakni suatu kecamatan di Kab Pati, Propinsi jateng, Indonesia. di mana Kota Juwana adalah kota di pesisir utara pulau Jawa yang terletak di jalur pantura yang menghubungkan kota Pati & kota Rembang. Kota Juwana yaitu kota paling besar ke-2 di Kab Pati sesudah Pati. Di kota ini populer bersama industri kerajinan kuningan & pembudidayaan bandeng.

Cerita asal muasal kerajian kuningan di Juwana adalah seseorang yang bernama Mbah Rewok mengambil kepintaran melebur Logam Kuningan. Dia salah satu orang pekerja pelaksanaan ‘jalan Daendels’ jalan sabuk di jalur pantai utara Pulau Jawa terbentang dari ujung Barat sampai ujung Timur. Kepintaran ini ditiru & diwariskan kepada penduduk kira kira juga sebagai ciri khas hasil produksi industri kuningan di Juwana.

Pusat Industri Kuningan terhadap mulanya ada didesa Pajeksan selanjutnya bergeser kedesa Kudukeras & menemukan puncaknya didesa Growong (Growong Lor & Growong Kidul) sebab jumlah populasinya yang besar & lingkungannya mengizinkan di mana warga tak terlampau mempermasalahkan polusi pengolahan kuningan. Pergeseran ini lantaran pekerja yang ada sudah mendirikan industri dirumah nya masing – masing untuk lebih berdikari dalam menjalankan roda ekonomi di bidang kerajinan kuningan.

Bahan yang dibutuhkan utk menciptakan  kerajinan kuningan, yakni logam sebagai campuran dari tembaga & seng, Tembaga ialah komponen penting dari kuningan. Kuningan lebih kuat & lebih keras dari kepada tembaga, namun tak sekuat atau sekeras seperti baja. Kuningan mudah sekali utk di wujud ke dalam bermacam wujud, suatu konduktor panas yang baik, dan rata rata tahan pada korosi dari air garam. lantaran sifat-sifat tersebut, kuningan rata rata diperlukan utk menciptakan pipa, tabung, sekrup, radiator, alat musik, aplikasi kapal laut, & casing cartridge utk senjata api.

Di Desa Growong terdapat sekian banyak pabrik kerajinan kuningan. Beraneka macam barang antik ataupun barang kebutuhan rumah tangga diproduksi di sini seperti souvenir, lampu antik, handel pintu, peralatan kompor gas, peralatan kompresor, peralatan pompa air & lain sebagainya. Produk kerajinan kuningan ini sudah dijual luas ke seluruhnya Indonesia bahkan jadi komoditas ekspor ke luar negara. Utamanya merupakan beberapa-barang kerajinan antik.

Comments
Loading...