Kerajinan Kursi Cantik Dari Tong Kardus Bekas Di Salatiga

0 711

Kerajinan Kursi Cantik Dari Tong Kardus Bekas

Rosalina, nenek berusia 60 tahun warga Jalan Muwardi Nomor 32, Kota Salatiga memang kreatif. Untuk mengisi hari-harinya, ia membuka kios untuk menjajakan tong kardus bekas wadah obat dan berinovasi dengan mengubahnya menjadi seperangkat kursi cantik yang biasa digunakan di berbagai kafe maupun teras rumah.

Awalnya, Rosa hanya menyediakan beragam tong kardus bekas obat yang dijualnya secara eceran. Hingga empat bulan lalu, terbersit ide untuk membuat kursi yang berbahan baku tong yang sama. Hal tersebut segera didiskusikan dengan putranya yang gemar mengutak-atik berbagai barang. Setelah dibuat desain, akhirnya diproduksilah beberapa contoh.

Tong kardus sengaja dipilih karena menurut Rosa, kendati berbahan baku kardus, mampu menahan beban 100 kilogram. Meski begitu, dirinya enggan mengambil risiko kerusakan sehingga bagian dalamnya perlu ditopang kayu yang tentunya menjamin lebih awet.

Bila tong kardus bekas per buah biasanya dijual Rosa antara Rp 35.000 hingga Rp 85.000 bergantung ukurannya, setelah dipermak menjadi seperangkat kursi yang terdiri 4 buah dan 1 meja, ia mematok harga Rp 750.000. “Satu set kursi biasanya diselesaikan dalam waktu tiga hari kerja, tetapi bila jumlah pesanan banyak, kami bisa merampungkan lebih cepat karena tukangnya juga kami tambah,” jelasnya.

Rosa memang enggan menjelaskan berapa penghasilannya dari memodifikasi tong kardus bekas menjadi kursi yang cantik. Meski begitu, langkahnya layak diapresiasi. Pada usia senjanya, ia tetap berupaya mencari kesibukan yang positif untuk merawat otaknya agar tidak terkena virus kepikunan. Dan, satu hal yang penting lagi, dirinya tak pernah melarang orang meniru desain kursi-kursi buatannya.

Source Kerajinan Kursi Cantik Dari Tong Kardus Bekas kompasiana
Comments
Loading...