Kerajinan Kusen Di Giriroto

0 151

Kerajinan Kusen Di Giriroto

Kusen merupakan bagian dari konstruksi pada dinding bangunan yang mempunyai fungsi perletakan dan duduknya daun pintu dan daun jendela. Kusen pintu merupakan penghubung antar ruang dan berfungsi juga untuk sirkulasi udara segar antar ruang serta kemungkinan sinar atau cahaya matahari yang menambahkan suasana interior menjadi nyaman dan segar. Industri perkayuan di Desa Giriroto masih menjadi pilihan bagi sebagian warga Desa Giriroto dalam menyambung hidup.

Salah satu pembuat kusen di Desa Giriroto, Ngemplak, Boyolali adalah Noto Susilo. Pria tiga puluh tujuh tahun ini telah menekuni sebagai pembuat kusen sejak lima belas tahun lalu. Dalam satu minggu, Noto Susilo setidaknya dapat membuat dua puluh kusen dan lima belas daun pintu. Produksi Noto  ditentukan oleh kerumitan desain yang diminta.

Selama ini Noto memasarkan produk dengan menjalin kerja sama dengan proyek pembuatan rumah. Pesanan biasanya dilakukan dalam bentuk paket per satu rumah. Tidak jarang juga para pemesan memilih produk yang sudah finishing. Noto juga melayani pembuatan ukiran dan perabotan rumah. Pemesanan dilakukan dalam bentuk paket satu rumah. Untuk rumah kecil biasanaya dapat diselesaikan dalam kurun waktu satu minggu, sedangkan untuk rumah besar dapat diselesaikan dalam kurun waktu tiga minggu.

Noto menggunakankayu jati alas, jati biasa, dan kayu mahoni. Satu buah daun pintu berbahan kayu jati biasa dijual dengan harga satu juta rupiah, sedangkan untuk bahan jati alas harganya lebih dari satu juta. “Harga kayu ditentukan bahan, ketebalan dan kerumitan desain mempengaruhi harga kay,” ungkap Noto.

Noto Susilo memiliki empat orang karyawan yang bekerja dengan sistem borongan. Dalam satu minggu Noto memberikan upah enam ratus ribu rupiah hingga satu juta rupiah. Besaran bergantung pada jumlah dan kerumitan pintu yang dibuat.

Noto Susilo mengatakan bahwa hal terpenting dalam menjalankan usaha pembuatan kusen adalah modal dan mitra kerja untuk menunjang pemasaran. “Ya kalau mau dikembangkan harus kuat di pemasaran dam modal. Kondisi sekarang, masih sulit untuk melebarkan sayap.” Ungkap Noto.

Untuk menjaga hubungan baik dengan mitra kerja, ayah dua anak ini tidak pernah asal memilih bahan. Kualitas terbaik adalah focus pada pemilihan bahan. “Tukang hanya bertugas untuk membuat mebel sesuai dengan pesanan, sedangkan untuk pemilahan bahan ia melakukannya sendiri.”  Tutur Noto.

Hal yang menjadi keunggulan dari kusen buatan Noto adalah meskipun harganya lebih miring, ia tetap menjaga kualitas barang dan memegang sebuah prinsip bahwa konsumen adalah raja yang harus diberikan pelayanan ekstra.

Source https://giriroto.desa.id https://giriroto.desa.id/potensidesa-1-Harga.Miring.Berkualitas.html
Comments
Loading...