Kerajinan Lacak Berbahan Resam Di Muaro Jambi

0 184

Kerajinan Lacak Berbahan Resam Di Muaro Jambi

Sejak digaungkan oleh Gubernur Jambi H Zumi Zola Zulkifli, Lacak atau penutup kepala khas Provinsi Jambi banyak digunakan masyarakat. Lacak Jambi ini rata-rata terbuat dari kain batik Jambi, ada juga yang dikombinasi dengan kain-kain lain.

Kali ini lacaknya beda. Lacaknya terbuat dari pakis Resam. Pembuatnya adalah Abdi Nur warga‎ Mestong Muaro Jambi. Abdi Nur mengatakan bahwa lacak Resam sudah dibuat ‎sejak lacak membumming di Jambi.

Membuat lacak yang dirajut dari Resam bukanlah pekara mudah bagi kita-kita, namun bagi dia, itu hal yang sepele. Dalam satu hari ia bisa menyelesaikan lebih dari satu lacak. Produk dari Resam bukan hanya lacak saja yang dimilikinya, namun banyak lagi kerjinan lain yang berbahan Resam. Seperti topi, tas, gelang, cincin dan kerajinan lainnya.

Abdi Nur mengatakan, Resam bukan bahan baku yang sembarangan. Resam merupakan tumbuhan liar yang banyak manfaatnya. Diantaranya mencegah masuk angin, membantu kerja fungsi hati, mencegah diare, menyehatkan paru-paru dan jantung dan khasihat lainnya. Dan itu sudah dibuktikan dengan penelitian oleh para pakar.

Kerajinan tangan dari Resam ini telah ia tekuni lebih kurang 10 tahun terakhir. Dan hingga saat ini sudah banyak orang-orang besar dan ternama yang menggunakan produknya. Seperti istri Gubernur Jambi Shirentaria, Putri Indonesia, artis terkenal hingga turis manca negara seperti Jepang, Turki, Belanda, Australia, dan negara-negara lainya.

Katanya, orang-orang itu membeli hasil kerajinannya melalui pameran yang ia lakoni. Dan hingga kini, sudah hampir semua provinsi di Indonesia pernah ia singgahi untuk menjual produknya melalui pameran. Soal harga ia menyebut bahwa produk yang ia hasilkan itu dijual mulai dari Rp10 ribu hingga ratusan ribu.

“Cincin Rp 10 ribu, gelang Rp 20 hingga Rp 50 ribu, lacak Rp 150 ribu hingga Rp 300 ribu, topi Rp 200 hingga Rp 300 ribu,” imbuhnya.

Soal pemasaran, Abdi Nur mengatakan bahwa pemasaran melalui pameran-pameran dan media sosial facebook. Nah bagi anda yang ingin membelinya bisa langsung menghubunginya melalui akun facebook Abdi Nur atau telepon 085381876713.

Source http://jambi.tribunnews.com http://jambi.tribunnews.com/2017/04/19/wow-lacak-berbahan-resam-karya-warga-mestong-ini-dipasarkan-hingga-keluar-negeri?page=2
Comments
Loading...