Kerajinan Lamak dan Ceniga Pis Bolong Khas Buwit, Tabanan

0 226

Kerajinan Lamak dan Ceniga Pis Bolong Khas Buwit, Tabanan

Desa Buwit yang terletak di bagian timur Tabanan tepatnya Kecamatan Kediri adalah salah satu desa yang berkembang dengan potensi wisata. Layaknya desa-desa di Bali yang memiliki dan menonjolkan keunikan budaya masing-masing, begitu juga Desa Buwit memiliki keunikan dalam hal kerajinan salah satunya yaitu kerajinan lamak dan ceniga yang terbuat dari pis bolong yang telah berlangsung secara turun temurun sampai saat ini telah dikelola oleh generasi keempat.

Meskipun telah didera arus perubahan dan perkembangan jaman yang sangat deras, namun kerajinan lamak dan ceniga dari pis bolong yang dikelola oleh Nyoman Sumartana masih mampu bertahan dikala usaha sejenis yang terdapat di wilayah sekitar, mulai ditinggalkan.

Dalam proses pembuatan kerajinan lamak dan ceniga ini masih dilakukan secara tradisional tanpa menggunakan bantuan tenaga mesin menjadikan kerajinan ini berbeda dengan usaha kerajinan sejenis yang terdapat di wilayah yang lainnya. Lamak dan ceniga yang dibuat dengan tangan memiliki keunikan tersendiri meskipun memerlukan waktu pembuatan yang sedikit lebih lama yang mengakibatkan harga produk yang sedikit lebih mahal, namun hingga saat ini peminat dari kerajinan lamak dan ceniga ini masih sangat banyak.

Lama proses pembuatan lamak dan ceniga pis bolong ini paling cepat kira-kira 2 hari dan satu minggu dapat menghasilkan lima set lamak dan ceniga pis bolong ini. Untuk dapat menghasilkan kerajinan ini memerlukan bahan yang cukup mudah didapat antara lain: bambu, benang wol, benang nilon, cat, jarum, cermin dan perlengkapan lain untuk membentuk kerangka ceniga dan lamaknya, serta yang paling utama adalah pis bolong itu sendiri.

Source Kerajinan Lamak dan Ceniga Pis Bolong Khas Buwit, Tabanan Kerajinan Lamak dan Ceniga Pis Bolong Khas Buwit, Tabanan
Comments
Loading...