Kerajinan Lampion Benang Dari Bekasi

0 178

Salah satu inovasi lampu dekorasi yang unik dan memiliki nilai kreativitas tinggi adalah lampu dari untaian benang. Bentuk lampu ini beraneka macam dan mampu memberi nuansa berbeda karena cahaya dari lampu menerabas benang.

Lampion Benang

Ray Abdul Fatah, pembuat lampion karakter hasil rajutan benang asal Bekasi, Jawa Barat mengatakan, lampu jenis ini memiliki nilai jual yang tinggi. Bagi Ray, lampu jenis ini cukup jarang ditemui dan tidak diproduksi di pabrik manapun kare­na tidak dibuat dengan mesin alias hand­made.

Untuk membuat lampu karakter dari benang ini, seseorang harus memiliki ke­ahlian khusus dalam merangkai benang menjadi tudung lampu. “Pengerjaannya memang cukup rumit,” kata dia.

Ray mendirikan usaha lampunya den­gan nama Ravvy 26 House pada Maret 2014 lalu di bilangan Bekasi. Tempat itu dia ja­dikan bengkel produksi lampu sekaligus tempat penjualan karyanya. Meski masih menjadi orang baru di bidang ini, Ray mengaku pendapatan dari penjualan lam­punya sangat lumayan. Bahkan ia menjadi­kan profesi ini sebagai profesi utamanya.

Lampu karakter benang buatan Ray banyak digunakan juga sebagai pemanis ruangan kantor, hotel, restoran, dan rumah tangga. Selama setahun menggeluti bisnis ini, produknya cukup diminati pasar. Tahap awal pembuatan produk ini adalah dengan mengolesi bola karet den­gan lem. Setelah itu produk dijemur se­lama satu hari. Setelah itu bola karet di kaitkan benang-benang membentuk bu­latan. Setelah kering bola karet yang sudah dibalut benang dikempeskan memakai jarum dan bola karet di keluarkan. Setelah itu jadilah benang yang berbentuk bulat.

Hasil karya Ray dibanderol dari Rp 95.000 hinggaRp 125.000 per unit. Jika ada pesanan khusus harga jual bisa lebih mahal dari harga rata-rata. Dia bilang, bentuk karakter yang paling laris adalah karakter kartun Frozen, Hello Kitty, dan Doraemon.

Source Kerajinan Lampion Benang Dari Bekasi Kerajinan Lampion Benang Dari Bekasi
Comments
Loading...