Kerajinan Lampion Rotan Di Malang

0 268

Kerajinan Lampion Rotan Di Malang

Adalah kerajinan lampion rotan yang berbasis di Karangploso, Kabupaten Malang. Kerajinan ini sangat layak untuk dimiliki. Awalnya kerajinan rotan sendiri tumbuh di daerah Blimbing, Kabupaten Malang. Kala itu, sejumlah pengrajin membuat ragam furniture seperti kursi dan meja. Selang beberapa waktu kemudian, mulai berkembang di daerah Karangploso. Hingga saat ini, pengrajin rotan mulai tersebar di perbatasan Kota Batu dan Malang.

Banyak pengrajin yang membuka lapak di sepanjang jalan Karangploso hingga Jl. Ir Soekano Kota Batu. Jika melintas saat menjelang Maghrib, lapak-lapak itu terlihat mencolok di bahu jalan. Salah satunya adalah lapak milik Cholid. Pria lulusan sekolah menengah pertama ini menjadi pengrajin rotan sejak 2 tahun lalu. Keahliannya itu ia kuasai secara otodidak, dan diperoleh dari sejumlah pengrajin lainnya.Beragam produk olahan rotan yang ia buat, salah satunya adalah kap lampu duduk dan tempel yang terbuat dari rotan sintetis. Bentuk kap lampunya pun cukup variatif, mulai dari oval, bulat, tokoh kartun hingga buah-buahan. Selain itu ia juga baru saja membuat menara Eifel setinggi 4,2 meter.

“Ada strawberry, apel, Mickey mouse, Doraemon, Kura-kura, dan bintang,” terangnya. Sementara untuk bahan dasarnya adalah rotan asli, rotan sintetis, dan besi sebagai kerangkanya. Dalam satu bulan ia mampu memproduksi 500 kap lampu yang berukuran kecil, yakni 19 cm. Sedangkan untuk harga dibanderol mulai harga Rp 45.000 hingga Rp 4 Juta. Tentu harga tersebut tergantung ukuran dan tingkat kesulitannya.

“Yang paling banyak dibeli adalah lampion. Terutama saat hari libur, omset bisa naik hingga 3 kali lipat,” ungkapnya.

Saat ini, Cholid mempunyai omset Rp 25 Juta per bulan. Pemasarannya pun bisa dibilang cukup luas, hampir seluruh kota besar di Indonesia yang memesan lampion ke tempatnya,  diantaranya adalah Surabaya, Malang, Batu, Semarang, Jakarta, Medan, Lampung, Ambon, Papua, Makassar, Balikpapan, Samarinda, dan Pontianak. “Baru seminggu yang lalu saya kirim lampion berbentuk rumah gadang ke Ambon,” tambah Cholid.

Source http://ulinulin.com http://ulinulin.com/posts/cantiknya-kerajinan-lampion-rotan-di-malang
Comments
Loading...