Kerajinan Lampu 3D Lithophane Di Bogor

0 165

Kerajinan Lampu 3D Lithophane Di Bogor

Pelaku usaha lampu 3D lithophane yaitu Chandra Irawan di Bogor, Jawa Barat. Mendirikan usaha sendiri sejak November 2017, Chandra memang fokus pada jasa cetak file 3D (3D printing). “Ide awalnya karena saya tertarik dengan teknologi 3D printing yang menunjang kegiatan kreatif di masa mendatang,” tutur Chandra.

Pembuatan 3D lithophane bermula dari pembuatan desain dalam bentuk file 3D. Desain dibuat dengan software khusus. Lantas, dicetak dalam mesin atau 3D printer.

Menurut Chandra tidaklah sulit mendapat materi untuk membuat lampu. Saat ini sudah ada pemasok khusus keperluan 3D print dari Jakarta, sedangkan komponen lampu dari toko listrik di Bogor. “Printer sendiri memakai bahan plastik dalam bentuk gulungan (filamen) yang kemudian dilelehkan dan dibentuk oleh mesin yang bergerak tiga dimensional,” jelas Chandra.

Bagi Chandra, tidak ada kesulitan untuk memproduksi lampu 3D lithophane selama menguasai pembuatan 3D di komputer. Dalam produksinya, Chandra menghabiskan waktu dua hari untuk mendesain lampu, satu sampai dua hari untuk mencetak foto yang akan ditempelkan. Dalam sebulan, Chandra bisa membuat 15 sampai 30 set lampu lithophane tergantung desainnya.

Harga yang dibanderol Chandra untuk produk lampunya ditentukan dari berapa banyak gram plastik filamen yang dipakai untuk mencetak objek 3D tersebut. Biasanya Chandra mematok harga Rp 2.050 per gram. Agar produknya laku terjual, Chandra memasarkan lampu lewat sosial media Instagram @ayamkate3d.

Source http://peluangusaha.kontan.co.id http://peluangusaha.kontan.co.id/news/potensi-nyata-usaha-bingkai-lampu-3d?page=2
Comments
Loading...