Kerajinan Lampu Aromaterapi Dari Kayu Di Tanggulangin

0 81

Kerajinan Lampu Aromaterapi Dari Kayu Di Tanggulangin

Limbah sayang dibuang. Termasuk limbah kayu. Pius, warga Kavling Ketegan C/16, Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, membuktikannya. Bermodal limbah kayu furnitur, dia membuat kerajinan lampu hias aroma terapi. Setahun berjalan, rata-rata 200-250 lampu bikinannya laku di pasaran.

Pius memulai bisnis lampu aroma terapi sejak 2017 lalu. Idenya muncul setelah dia memutuskan untuk berhenti jadi karyawan di koperasi sebuah perusahaan telekomunikasi nasional cabang Sidoarjo. “Waktu masih kerja, saya memang hobi bikin ukiran,” katanya saat ditemui dalam pameran Dinas Koperasi dan UMKM Jatim di Grand City Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat, 17 Agustus 2018.

Kebetulan, lanjut Pius, tetangga rumahnya berbisnis kayu. Banyak potongan limbah kayu yang terbuang.  Insting kerajinannya langsung muncul dan dia memutuskan untuk membuat lampu hias. “Tetangga saya, kan, jual kayu untuk tas dan sepatu. Jadi saya beli limbah furniturnya dari tetangga,” ujarnya.

Mula-mula yang dibikin Pius lampu hias biasa berbentuk kotak mungil. Kotak kayu limbah yang sudah dihaluskan itu lalu diukir sesuai keinginannya. Di bagian celah-celah lubang ukiran, kain kasar ditempelkannya. Dengan begitu sinar lampu yang tertanam di dalam kotak tak begitu terang dan bikin silau. “Awalnya buat lampu saja,” katanya.

Produk lampu hias Pius ternyata diminati pasar. Untuk meningkatkan kualitas dan penjualan, dia lalu bergabung dengan kelompok UKM binaan Dinas Koperasi Sidoarjo. Di sana dia menerima tambahan ilmu kerajinan sekaligus ilmu pemasaran. “Dari situ saya sering ikut pameran, sehingga banyak tahu dan belajar dari produk-produk daerah lain,” tandasnya.

Source https://www.viva.co.id https://www.viva.co.id/gaya-hidup/hunian/1065976-pria-ini-sukses-ubah-limbah-kayu-jadi-lampu-aroma-terapi-kelas-hotel
Comments
Loading...