Kerajinan Lampu Hias 3D Di Bandung

0 201

Kerajinan Lampu Hias 3D Di Bandung

Selain menjadi sumber penerangan sebuah ruang, lampu juga bisa berfungsi sebagai unsur dekoratif. Oleh karena itu, seringkali desainer interior atau pemilik rumah memilih model lampu yang sesuai dengan gaya interior ruang tersebut.

Sebagai unsur dekoratif, tentu saja, model lampu juga terus berkembang, mengikuti tren desain atau selera masyarakat. Jika beberapa waktu lalu muncul lampu yang terbuat dari lilitan benang, kini lampu 3D art atau lampu 3D lithophanes sedang menjadi tren.

Ini adalah lampu yang dibingkai oleh gambar atau foto tiga dimensi. Biasanya, lampu model ini banyak dipakai sebagai penerangan dalam kamar yang dinyalakan saat tidur. Keunikan dari lampu ini adalah bisa didesain secara custom,sehingga banyak yang memesannya sebagai kado atau suvenir.

Mempunyai pengalaman dalam dunia percetakan tiga dimensi, Yayan Mulyana pun terjun menjadi produsen lampu 3D art. Meski bisa dipelajari secara otodidak, untuk membuat lampu ini butuh keahlian khusus, karena harus menguasai software desain tiga dimensi dan ketrampilan mencetak.

Yayan mulai berfokus membuat 3D lithophanse sejak September 2017. Ia memberi nama produknya Miniku3d di Bandung.

Untuk proses pembuatannya, Yayan menjelaskan bahwa sebuah lampu harus melalui proses editing, cetak, dan finishing. Butuh waktu sekitar 1-2 minggu untuk pemesanan. Harganya mulai Rp 175 ribu sampai Rp 1,5 juta sesuai dengan ukuran dan permintaan. “Untuk pasar saat ini mahasiswa masih menjadi utama”, tambahnya.

Sayang, Yayan tidak menyebutkan belanja modal yang diperlukan untuk satu karya. Tetapi omzet yang diperoleh per bulan mencapai Rp 50 juta.

Source http://peluangusaha.kontan.co.id http://peluangusaha.kontan.co.id/news/potensi-nyata-usaha-bingkai-lampu-3d?page=4
Comments
Loading...