Kerajinan Layang-Layang Di Banyuwangi

Layang-layang karakter
0 205

Kerajinan Layang-Layang Di Banyuwangi

Bermain layang-layang menjadi keasyikan tersendiri bagi penggemarnya. Tak heran jika permintaan jumlah layang-layang tak pernah surut dari tahun ke tahun. Pengrajin layang-layang pun menjadi sebuah pekerjaan yang menjanjikan. Seperti yang sedang digeluti oleh warga Banyuwangi, Jawa Timur, Hamid dan Mustadi. Sejak lima tahun lalu, mereka telah membuat bermacam-macam jenis layang-layang karakter.

Layang-layang karakter merupakan jenis layang-layang hias. Pembuatannya cukup sederhana. Yaitu terbuat dari bambu dan kain parasit yang dibentuk sesuai pola karakter kartun seperti Shaun the Sheep, Spiderman, Upin-Ipin, barong, kobra, dan macan.

Dalam satu hari, Hamid dapat memproduksi setidaknya 30 layang-layang buatan tangannya sendiri. Menurutnya, pengerjaan layang-layang akan mengalami kenaikan permintaan ketika musim liburan sekolah. Jika permintaan sedang banyak, Ia akan memperkerjakan karyawan untuk membantunya.

Sementara Mustadi mengaku sering membuka lapak dagangan di sepanjang jalan di daerah Lateng, Banyuwangi. Namun pada musim sedikitnya permintaan, Ia menjual barang dagangannya di dalam rumahnya di Sukowidi, Banyuwangi. 

Menurut Mustadi, pengiriman layang-layang miliknya hingga ke beberapa kabupaten di pulau Bali. Setiap permintaan agen, biasanya Mustadi mengirim minimal seribu layang-layang. Dari agen di Bali, layang-layang buatan tangan warga Banyuwangi tersebut diterbangkan hingga ke langit Sumbawa dan Lombok.

Harga layang-layang karakter dibedakan sesuai ukuran. Ukuran kecil dipatok dengan harga Rp 25 ribu, ukuran sedang Rp 30 ribu. Sedangkan ukuran jumbo hingga mencapai Rp 50 ribu. Untuk pemesanan silakan hubungi  Mustadi di nomor 085236531675.

Source https://banyuwangi.merdeka.com https://banyuwangi.merdeka.com/lapak/layang-layang-karakter-banyuwangi-diminati-hingga-ke-sumbawa-160823d.html
Comments
Loading...