Kerajinan Layang-layang di Denpasar

0 181

Kerajinan Layang-layang di Denpasar

Para pembuat layang-layang ditantang menghasilkan produk kreatif dalam kemasan yang praktis sebagai oleh-oleh dari Bali. Ni Luh Djelantik salah seorang pengusaha sukses di Denpasar, Bali mengatakan layang-layang merupakan produk budaya yang perlu dilestarikan dan dikembangkan menjadi produk inovatif yang memiliki nilai ekonomi dan menyejahterakan perajin.

Ni Luh yang sukses menembus pasar ekspor dengan sepatu bermerk Nilou ini mengatakan produksi layangan Bali sebenarnya memiliki keunikan tersendiri, tapi perlu dikembangkan sesuai tren desain layang-layang dunia. Dia lantas menyebut komoditas ekspor layang-layang produk China yang layak dijadikan sebagai pembanding.

Kata Ni Luh layang-layang sebagai komoditas kreatif harus didukung semua lini, termasuk peran pemerintah untuk mempermudah para perajin layang-layang mendapatkan hak kekayaan intelektual (HAKI). Selain itu, sebagai aktivitas di lapangan terbuka perlu disediakan lahan permanen yang memadai di tengah alih fungsi lahan yang kian meningkat.

“Banyak ragam yang bisa dikerjakan oleh pelayang-layang, bisa dalam wujud seni rupa, miniatur layangan, fotografi, dan mengembangkan bentuk layang-layang kontemporer,” ujarnya.

“Ini jadi tantangan para pembuat layang-layang agar produknya bisa dijadikan kebanggan wisatawan saat pulang ke negaranya,” kata Ni Luh.

Ia menambahkan Bali pantas dijadikan sebagai destinasi wisata layang-layang karena memiliki banyak pemain dan menggelar festival di berbagai tempat. Seperti Sanur Internasional Kite Festival serangkaian BritAma Sanur Village Festival (SVF) belum lama ini dia sebut sebagai yang sirkuit internasional terbesar.

Source http://kabar24.bisnis.com http://kabar24.bisnis.com/read/20170812/78/680360/perajin-layang-layang-bali-ditantang-hasilkan-produk-kreatif
Comments
Loading...