Kerajinan Layang-Layang Di Sidoarjo

0 167

Kerajinan Layang-Layang Di Sidoarjo

Sudah hampir setahun Uman mencoba berdagang layang-layang. Pria lulusan SMU ini dulunya sempat bekerja di sebuah pabrik. Namun, sejak setahun lalu, ia terkena PHK dengan pesangon yang sangat minim.

Uman berpikir keras, bagaimana membuka usaha tanpa mengeluarkan modal besar. Berbekal ketrampilannya membuat layang-layang saat kecil, pria yang tinggal di Sepanjang, Sidoarjo, Jawa Timur ini kemudian mencoba membuat layang-layang berbahan dasar plastik dari tas kresek. Caranya, tas kresek ukuran besar dibelah menjadi dua bagian kemudian mulai digunting sesuai pola layang-layang yang diinginkan. Setelah dicoba diterbangkan, ternyata berhasil.

Dengan berbekal modal Rp 200 ribu, Uman mulai memroduksi layang-layang plastik dalam jumlah banyak. Selain layang-layang plastik, Uman tetap membuat layang-layang dari kertas. Uman juga melengkapi jualannya dengan layang-layang kain yang dibelinya dari seorang distributor layang-layang dari Bali. Sudah sejak awal 2006 lalu, Uman memutuskan berjualan di pertigaan Gunungsari arah pintu tol. Sebelumnya, ia memutuskan berjualan di kampungnya di kawasan Sepanjang, namun hasilnya kurang memuaskan.

Soal harga sangat terjangkau. Untuk layang-layang berbahan kertas, ia menjualnya mulai Rp 2 ribu hingga Rp 8 ribu. Sedangkan layang-layang plastik dijual mulai Rp 8 ribu hingga Rp 25 ribu. Yang termahal adalah layang-layang kain yang dipatok mulai Rp 25 ribu sampai Rp 75 ribu.

Beragam model layang-layang disediakan Uman. Mulai bentuk standar empat persegi panjang, hingga bentuk-bentuk binatang yang cukup indah bila diterbangkan. Yakni bentuk cumi-cumi, kupu-kupu, lebah, rajawali, naga, sampai toko kartun batman, superman, dan spiderman.

Source http://bekerjamerdeka.blogspot.co.id http://bekerjamerdeka.blogspot.co.id/2009/09/layang-layang-terbang-tinggi.html
Comments
Loading...