Kerajinan Layang-layang Di Yogyakarta

0 249

Kerajinan Layang-layang Di Yogyakarta

Surip dan seorang temannya harus mengolah bahan-bahan untuk membuat layang-layang yang terdiri dari kertas, kain, kayu, bambu, lem, benang dan pewarna di area Pasar Raya FKY XX 2008 di Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Dalam sehari, di ruang berukuran 6×3 meter yang disediakan FKY, Surip dan temannya mampu membuat sekitar enam layang-layang biasa yang sebagian besar berbentuk burung dan kelelawar dan satu layang-layang sedang atau besar yang berbentuk kepala naga atau pesanan pembeli. Harga layang-layang yang dibuatnya pun bervariasi dari Rp 25.000 untuk layang-layang biasa yang kecil hingga Rp 5.000,000 untuk layang-layang besar berbentuk kepala naga berukurang sekitar 80 x 60 sentimeter.  Untuk layang-layang kepala naga, menurut Surip, dalam pembuatannya mambutuhkan waktu yang cukup lama dan teliti disamping bahan dan warna yang juga bervariasi, maka harganya pun bisa dibilang mahal.

“Yang paling murah adalah layang-layang biasa seperti jenis kelelawar dan burung-burungan. Yang termahal adalah kepala naga, karena prosesnya yang lama dan bahan-bahannya juga banyak,” jelas pengrajin layang-layang yang pernah berdagang di Pantai Paragtritis ini.

Selama penyelenggaraan FKY, Surip mengaku stand layang-layangnya yang terletak strategis di sisi kanan menuju Flying Stage Pasar Raya FKY sering dikunjungi pengunjung dari berbagai kalangan. Dalam sehari, dagangannya bahkan mampu terjual hingga tiga buah.

Yang menarik adalah Surip juga membuat layang-layang Ontoseno yang merupakan maskot FKY X 2008. Layang-layang Ontoseno ini oleh Surip dipersembahkan sebagai penghargaan kepada FKY yang telah memberinya kesempatan untuk mengikuti pameran kerajinan tahunan ini.

“Untuk layang-layang Ontoseno, saya membuatnya khusus sebagai penghargaan bagi FKY yang telah mengundang saya di acara ini. Harga untuk layang-layang ini Rp 2.000,000,” pungkasnya.

Source https://gudeg.net https://gudeg.net/read/3712/layang-layang-ontoseno-dijual-di-pasar-raya-fky.html
Comments
Loading...