Kerajinan Lebeu Di Lebong

0 230

Kerajinan Lebeu Di Lebong

Di kabupaten Rejang lebong banyak kerajinan tangan  yang bisa kita jumpai, Lebeu salah satunya. Lebeu adalah peralatan rumah tangga tradisional khas suku Rejang sejenis bakul yang dipergunakan oleh masyarakat setempat untuk menyimpan beras.

Perajin Lebeu, Samoa mengatakan lebeu ini terbuat dari anyaman bambu berukuran besar serta agak tinggi dan mempunyai leher diatas serta tutup diatasnya, umumnya setelah anyaman bamboo sudah terbentuk menjadi Lebeu setelahnya akan diberi pewarna yang disebut dengan Ubea untuk mempercantik wadah beras ini. Ubea adalah pewarna yang terbuat dari kulit kayu pohon Gunjing yang telah dihaluskan dan dicampur dengan air. Proses pewarnaan tersebut juga masih tradisional yaitu dengan cara mengoles Ubea ke seluruh permukaan Lebeu tadi selanjutnya akan di jemur di bawah sinar matahari, setelah kering kembali di oles dengan Ubea secara berulang-ulang sehingga warna merah benar-benar menempel di Lebeu tersebut.

Seiring perkembangan zaman seperti saat ini serta antusias wisatawan yang datang berkunjung ke kabupaten Rejang Lebong, selain untuk menyimpan beras, Lebeu-lebeu dibuat juga ukuran kecil yang digunakan sebagai hiasan. Terdapat toko-toko kerajinan tangan yang terletak di Pasar Atas Curup yang menjual Lebeu-lebeu yang bisa juga  dijadikan untuk oleh-oleh setelah berkunjung dari kabupaten Rejang Lebong.

Source http://visitingrejanglebong.com http://visitingrejanglebong.com/lebeu-kerajinan-tangan-khas-suku-rejang-lebong/
Comments
Loading...