Kerajinan Lentera Di Cianjur

0 264

Kerajinan Lentera

Kampung Gentur, Cianjur sebagai pusat kerajikan lentera atau lampu hias sejak dulu. Tanpa embel-embel merek, produk mereka bisa terkenal hingga di luar negeri. Tak pelak, banyak warga Gentur menggantungkan ekonominya pada pembuatan lentera.

Lentera atau lampu hias dengan warna-warna terang, merah, kuning, hijau tampak bergantung di etalase hingga pintu rumah penduduk Cianjur. Tepatnya di kampung Gentur, Desa Jambudipa, Kecamatan Warung Kondang, Cianjur, Jawa Barat. 

Dari usaha pembuatan lentera, Lukita, seorang perajin lentara di desa ini, berhasil mengantongi pendapatan sebesar Rp 8 juta saban Minggu, atau sebesar Rp 32 juta per bulan. Seperti kebanyakan produsen lampion di Gentur, Lukita  mewarisi usaha ini dari orang tuanya yang sudah membuat lentera sejak tahun 1940-an. “Awalnya, mereka hanya membuat lampu centir atau lampu dari minyak tanah,” ujarnya.

Lentera hasil produksi masyarakat Gentur umumnya terbuat dari kuningan, aluminium dan kaca berwarna. Proses pengerjaannya sederhana. Pertama-tama membuat rangka dari aluminium dengan cara dipatri. Kemudian, potongan-potongan kaca yang telah disesuaikan dengan bentuk atau model disemprot dengan warna sesuai keinginan. Dan terakhir adalah menempel kaca di rangka.

Yang paling susah dalam proses pembuatan lentera adalah menemukan ide bentuk. “Kami juga melayani order,” ujar Lukita. Bahkan, saat ini, Lukita tak memiliki stok lantaran semua lampu hias yang dibuatnya adalah pesanan pelanggan. Tiap bulan, Lukita melayani sedikitnya 500 lentera.

Source Kerajinan Lentera Di Cianjur Kerajinan Lentera Di Cianjur
Comments
Loading...