Kerajinan Lilin Ukir Di Malang

0 285

Kerajinan Lilin Ukir Di Malang

Kerajinan lilin ukir adalah kerajinan membuat lilin yang kemudian dibentuk dan diukir berbagai motif menjadi sebuah lilin yang indah dan berbeda. Lilin ini banyak ditemui di gereja, hiasan rumah dan biasanya dijadikan souvenir pernikahan. Di kota Malang ada satu pengrajin, bahkan bisa jadi satu-satunya pengrajin lilin ukir di Indonesia. Adalah Dedy, pria lulusan sekolah tinggi bahasa inggris di Malang yang menekuni kerajinan lilin ukir sejak tahun 2008 lalu.

Bermula dari keinginan untuk berwirausaha, Dedy mencari berbagai macam wacana jenis usaha. Akhirnya pada tahun 2008 dia memilih kerajinan ini. Pengetahuan bahasa Inggris yang dia dapat selama kuliah tidak terbuang sia-sia, karena ilmu membuat dan mengukir lilin diperolehnya dari artikel di internet yang semuanya berbahasa Inggris.

Berkat ketekunannya, kerajinan ini berhasil dia kuasai dalam waktu satu tahun. Pun, percaya diri menjual hasil karyanya. Alhasil penjualannya laku keras dipasaran, karena memang belum ada yang memproduksi kerajinan ini. Lambat laun keahlian Dedy tersebar di sejumlah daerah di Indonesia. Undangan workshop pun berdatangan dari beberapa instansi swasta dan komunitas di Medan, Jakarta, Semarang, dan Probolinggo.

Motif lilin ukir yang diproduksi olehnya adalah floral bergaya Eropa. Ukurannya pun pun cukup variatif, mulai dari 6 Cm hingga 30 Cm. Dengan dibantu oleh satu orang temannya, Dedy mampu memproduksi 3000 lilin dalam waktu sehari. Dedy mengatakan, hampir semua orang yang belajar ditempatnya tidak meneruskan hingga tuntas. Hal itu karena mereka tidak memiliki kesabaran saat proses belajarnya. Sedangkan kerajinan ini membutuhkan ketelitian dan kesabaran yang tinggi.

Source Kerajinan Lilin Ukir Di Malang Kerajinan Lilin Ukir Di Malang
Comments
Loading...