Kerajinan Limbah Bauksit Di Bintan

0 153

Limbah Bauksit ternyata bisa diolah menjadi bahan kerajinan berupa miniatur kapal, asbak rokok dan bahan aksesoris seperti kalung dan gelang. Hal ini menjadi temuan tersendiri bagi para seniman nasional yang memberikan pelatihan di Bintan sejak 5 Oktober lalu.

Setelah hampir sebulan lamanya, perkemahan pengerajin yang digelar di samping kantor Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) kabupaten Bintan, Kilometer 20, Kijang ini ternyata sudah menghasilkan sekitar 300 lebih item souvenir dan kerajinan tangan. Bahan bakunya berasal dari alam, seperti daun kelapa, biji-bijian, batok kelapa, kerang, kayu-kayu pantai hingga limbah bauksit.

Bahan-bahan tersebut adalah potensi yang tersedia cukup banyak di Kabupaten Bintan. Salah satu instruktur kerajinan, yang juga seniman, H. Chepy Setiawan mengakui menemukan banyak ide yang bisa dikreasikan dengan kreatifitas masing-masing peserta pelatihan.

“Kami sebagai instruktur hanya mengarahkan para seniman di Bintan ini agar bisa berkreasi dengan bahan-bahan baku yang tersedia disini. Kami sudah melakukan survei terkait bahan baku apa saja yang bisa dipakai,” sebut Chepy.

Salah satu hal yang menurutnya cukup berbeda dari Kabupaten Bintan dengan daerah lainnya adalah limbah bauksit. “Disini bahan bauksit mudah didapat, jadi saya mengarahkan para pengerajin untuk mengkreasikan berbagai hal.

Yang paling mudah adalah membuat aksesoris ‘Susaiti’. Yakni kerajinan menggunakan bahan alas dari kayu seperti Akasia dan sebagainya, dari sana kita bisa membuat sembarang bentuk dari bahan bauksit dan memberi alas kayu yang sudah dirapikan dalam berbagai ukuran. Hasilnya akan sangat bagus untuk aksesoris rumahan,” sebutnya.

Selain menuntun para pengerajin dan seniman di Bintan, para intruktur nasional tersebut juga memberikan teknis penetapan harga jual terhadap kerajinan mereka. Harga menurut Chepy harus bisa dilihat dari aspek kerumitan pembuatan, hingga biaya yang dibutuhkan jika akan memproduksi secara banyak. Selain itu para seniman asal Bintan, juga dikenalkan dengan berbagai alat kerajinan, lengkap dengan cara penggunaannya.

Source http://batam.tribunnews.com http://batam.tribunnews.com/2011/10/27/seniman-bintan-ubah-limbah-bauksit-jadi-kerajinan-tangan
Comments
Loading...