Kerajinan Limbah Daur Ulang Di Lumajang

0 357

Kerajinan Limbah Daur Ulang Di Lumajang

Berbagai cara telah dilakukan untuk mengurangi volume sampah per hari. Salah satunya pengelolaan sampah yang digelontorkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup melalui 3R (Reduce, Reuse, Recycle) menggantikan paradigma lama kumpul-angkut-buang. Sampah dianggap bau dan menjijikan.

Kelurahan Ditotrunan, Kecamatan Lumajang telah mengembangkan pengolahan sampah rumah tangga, menjadi berbagai kerajinan tangan dan pupuk kompos. Pemilahan sampah rumah tangga sudah cukup lama dilakukan oleh warga Ditotrunan Lumajang, kususnya ibu – ibu rumah tangga agar bisa menambah pendapatan keluarga. Seperti yang dilakukan oleh Sunanik dan warga dengan menghimpun sampah rumah tangga menjadi bahan kerajinan berharga yang bisa menambah kegitan ketrampilan di lingkungan tersebut. Barang kerajinan yang dihasilkan beragam seperti tas, dompet, dan manik manik lainnya

Kegiatan yang dilakukan oleh warga Kelurahan Ditotrunan tersebut menurut Juru Bicara Pemkab Lumajang, Edi Hosainin, memang sudah mendapat perhatian dari pemerintah.

“Ada 3 tempat yang pada saat itu masih berupa bank sampah, namun saat ini bukan hanya menghimpun sampahnya atau memilah – milah sampah menjadi sampah kering atau sampah basah, atau sampah organik dan unorganik, tetapi ternyata sampah itu bisa memberikan nilai tambah yang cukup besar bagi masyarakat,”ungkap Edi Hosaini.

Edi Hosaini menambahkan, Pemerintah Kabupaten Lumajang akan terus mengembangkan dan melakukan pendampingan terhadap kegiatan masyarakat, karena masalah sampah tidak mudah untuk diatasi tanpa peran serta dari masyarakat.

Source Kerajinan Limbah Daur Ulang Di Lumajang sapa
Comments
Loading...