Kerajinan Limbah Kaca Di Cimahi

0 278

Kerajinan Limbah Kaca Di Cimahi

Perajin cindera mata dari bahan baku limbah kaca di RT 8 RW 12 Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, masih memfokuskan pasar dalam negeri. Walau hasil karya mereka kini sudah banyak dipesan pembeli dari Malaysia, namun untuk membidik pasar luar negeri terkendala permodalan.

Salah seorang perajin limba kaca, Wawan mengatakan, dari limba kaca bisa dibentuk gantungan kunci, asbak, vas bunga dan sejumlah miniatur mulai mobil, berbagai jenis binatang, dan bangunan bersejarah di Indonesia, seperti Gedung Sate dan Jam Gadang. Barang-barang tersebut ditawarkan dari harga yang paling murah Rp 5.000,00 hingga ada yang mencapai Rp 8 juta.

Para perajin memperoleh bahan baku dari tempat pemotongan kaca di toko, atau penampungan barang bekas. Limba kaca tersebut dibeli dengan harga Rp 2.500,00 per kilogram. “Selama ini tidak ada masalah dengan bahan baku. Masih mudah didapat dan harganya relatif terjangkau. Namun, untuk mengembangkan usaha, sejumlah perajin mengaku kekurangan modal. Apalagi kalau pesanan yang datang cukup banyak, kadag kurang terlayani karena sedikitnya modal,” ungkapnya.

Source http://www.pikiran-rakyat.com http://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/2010/02/12/107279/perajin-limbah-kaca-fokus-pasar-lokal
Comments
Loading...