Kerajinan Limbah Kaleng Bekas Di Kulonprogo

0 344

Kerajinan Limbah Kaleng Bekas Di Kulonprogo

Kaleng dan  plastik bekas yang biasanya hanya dibuang atau dibakar begitu saja oleh warga. Namun berbeda dengan apa yang dilakukan sekelompok ibu-ibu dari Pedukuhan Banyunganti Kidul, Kaliagung, Kecamatan Sentolo.

Bergabung dalam sebuah Kelompim Pengelola Sampah Mandiri (KSPM) Bunda Mandiri, ibu-ibu ini berhasil menyulap kaleng dan plastik bekas menjadi barang kerajinan bernilai estetika tinggi. Tak hanya di jual di pasar lokal, bahkan kerajinan dari sampah tersebut juga diekspor ke luar negeri.

Dengan bahan dasar kaleng dan plastik bekas biskuit dan oli motor, ibu-ibu ini berhasil menciptakan kerajinan tangan berupa miniatur motor, aneka satwa, tank, pesawat hingga tas tangan unik. Dijelaskan oleh Isna, ketua KSPM Bunda Mandiri bahwa ide awal pengelolaan limbah kaleng dan plastik bekas tersebut berawal ketika banyak kaleng dan plastik bekas yang menggunung di bank sampah dan belum dimanfaatkan.

Siapa sangka ide kreatif yang berawal dari coba-coba tersebut kini justru memberikan penghasilan bagi anggota KSPM Bunda Mandiri. Bahkan dengan ide tersebut kini ibu-ibu di sekitar lingkungan tak lagi berpayah-payah untuk menjadi tenaga kerja di luar negeri lantaran telah mendapatkan penghasilan dari kerajinan kaleng tersebut.

Proses pembuatan kerajinan kaleng tersebut diawali dengan pemilihan bahan baku yang masih bersih dan kuat, kemudian bahan tersebut dipotong sesuai pola dan kemudian dirangkai satu-persatu hingga menjadi sebuah bentuk kerajinan yang kemudian masuk ke dalam tahap finishing. Dalam pengerjaannya pun tak hanya ibu-ibu yang turut andil,  beberapa lelaki pun  turut dalam terlibat dalam proses pembuatan kerajinan tersebut seperti yang dilakukan Sudaryono.

Untuk mendapatkan sebuah karya dari kaleng bekas buatan ibu-ibu KSPM Bunda Mandiri ini, setiap kerajinan dipatok dengan harga mulai dari 35 ribu hingga 700 ribu tergantung dari jenis, ukuran serta tingkat kesulitan pembuatan. Kini para pengrajin tersebut masih terus menggeluti kegiatan tersebut untuk memenuhi kebutuhan pembeli sembari menunggu perhatian pemerintah untuk melirik karya dari sampah tersebut.

Source http://kulonprogo.sorot.co http://kulonprogo.sorot.co/berita-4012-kaleng-bekas-disulap-jadi-kerajinan-unik.html
Comments
Loading...