Kerajinan Limbah Kayu Di Bandung

0 504

Kerajinan Limbah Kayu Di Bandung

Siapa bilang limbah kayu tidak berguna. Di tangan Deni Suhendi. Limbah kayu bisa disulap menjadi kerajinan yang punya nilai jual. Deni Suhendi bersama komunitasnya yang bernama Bale Seni Barli Kota Baru Parahyangan, ikut memajang koleksi kerajinan kayunya di Bazar Pekan UKM 2017 di halaman Balai Kota Bandung.

Terlihat ada kerajinan dari kayu lame dan kerajinan dari kayu pinus berbentuk hewan berukuran satu telapak tangan orang dewasa. Menurut Deni, semua bahan-bahan kerajinan itu berasal dari limbah kayu.

“Limbah kayunya kami cari di sekitar Kota Baru Parahyangan. Biasanya ada dari pemotongan kayu, kayu yang tidak terpakai. Disimpan begitu saja. Satu ikat atau dua ikat,” ujar Deni.

Kata Deni, ketersediaan limbah kayu itu tidak menentu, kadang ia dapatkan satu ikat, kadang juga sampai lima ikat. Satu ikat, oleh pabrik, hanya dihargai sekira Rp 20-40 ribu saja.

“Satu ikat itu kan isinya ada beberapa batang. Satu batang nanti bisa dipotong-potong kecil lagi. Jadi, satu batang bisa dibikin sampai 10 kerajinan,” kata Deni.

Menurut Deni, ia dan komunitaanya memakai limbah untuk memangkas biaya produksi. Karena itu, satu produk kerajinan yang dibuat Deni, bisa dijual mulai dari Rp 30-150 ribu rupiah saja.

Sebagai informasi, Bazar Pekan UKM 2017 sedang diadakan di halaman Balai Kota Bandung, di lokasi, ratusan orang sudah ramai mendatangi bazar itu. Beberapa stan bazar pun sudah didirikan sejak pagi. Stan yang terbuat dari tenda itu diisi oleh beragam produk UKM. Terlihat ada beberapa produk UKM seperti kuliner, kerajinan, fesyen, dan alat-alat rumah tangga.

Source http://jabar.tribunnews.com http://jabar.tribunnews.com/2017/09/21/dari-limbah-perajin-asal-bandung-ini-bisa-buat-kerajinan-seharga-ratusan-ribu-rupiah
Comments
Loading...