Kerajinan Limbah Kayu Di Kauman

0 174

Kerajinan Limbah Kayu Di Kauman

Barang bekas atau limbah ternyata tidak selamanya tak berguna. Di Kota Blitar, Jawa Timur, seorang pemuda sukses memanfaatkan limbah kayu dan disulap menjadi barang kerajinan yang bernilai ekonomis tinggi. Bahkan, barang kerajinan yang berupa hiasan dinding, pigora dan juga wadah mahar perkawinan tersebut, saat ini beromzet mencapai Rp 5 juta hingga Rp 8 juta per bulan. Sejak setahun yang lalu, Rafit Akbar, warga Kelurahan Kauman Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar, menjalankan usaha membuat barang kerajinan dari limbah kayu yang berupa hiasan dinding atau home decor wall poster. Dengan ditemani seorang kawan, Rafit membuat berbagai macam pesanan para pelanggan dari limbah kayu pinus, yang diperolehnya dari Surabaya.

Dalam pengerjaannya, bahan kayu yang sudah kering, dibuat pola, lalu dibentuk sesuai dengan ukuran pesanan. Setelah itu, bahan kayu yang sudah terpola, disatukan hingga membentuk satu buah pigora. Oleh Rafit, pigora tersebut kemudian ditempeli poster, sesuai dengan pesanan para pelanggan.

Menurut Rafit, keahliannya membuat barang kerajinan tersebut didapat secara otodidak. Awalnya, dirinya hanya mencoba membuatkan wadah penghantar mahar perkawinan untuk salah seorang teman. Berawal dari itulah, rafit mulai banjir pesanan, hingga kemudian dirinya mulai membuat barang kerajinan yang berupa hiasan dinding dan juga pigora.

Kerajinan dengan menggunakan limbah kayu ini sukses menarik minat konsumen. Selain keunikan, harganya pun cukup murah. Satu buah hiasan dinding dibandrol dengan harga Rp 20 ribu, hingga Rp 100 ribu, tergantung ukuran serta model yang dipesan.

Selain dijual di pasaran lokal, barang kerajinan home decor wall poster buatan, saat ini juga telah merambah pasaran luar Jawa, seperti Batam dan juga Kalimantan

Source http://pojokpitu.com http://pojokpitu.com/baca.php?idurut=66768&&top=1&&ktg=Jatim&&keyrbk=Sosok&&keyjdl=Kerajian
Comments
Loading...