Kerajinan Limbah Kayu Di Rokan Hulu

0 214

Kerajinan Limbah Kayu Di Rokan Hulu

Di Desa Suka Damai, Kecamatan Tambusai Utara, ternyata ada pengelolaan kerajinan dari limbah kayu yang bernilai tinggi dan layak jual di luar negeri di Desa Suka Damai Kecamatan Tambusai Utara. Namun, kerajinan tersebut belum dilirik Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Kerajinan dari limbah kayu dari Desa Suka Damai, dipamerkan di Stand Kecamatan Tambusai Utara, pada Pencanangan TNI Keluarga Berencana Kesehatan (KB-Kes) Nasional, yang dipusatkan di lapangan kantor Bupati Rohul, Pasir Pangaraian.

Bahkan, kerajinan dari limbah kayu seperti serbuk kayu bentuk patung harimau, ikan arwana, jadi maskot di Kecamatan Tambusai Utara, temasuk kerajinan kapal layar, kursi, meja, rumah adat, kaligrafi, gantungan kunci, dan lainnya dipajang dan paling banyak mendapatkan perhatian dari pengunjung.

Diakui Ridwan pengrajin limbah kayu dari Desa Suka Damai, dari beragam kerajinan yang dipajang semuanya menggunakan limbah kayu, seperti kayu akasia, pulai dan lainnya. Dirinya memulai usahanya sejak 1996, namun karena kekurangan modal dan susahnya pemasaran, usahanya sempat mandek.

Sementara serbuk kayu yang digunakan, dengan meminta dari sawmil atau panglong kayu yang ada di desanya. Selama ini, serbuk kayu terbuang percuma, tidak terpakai lagi. Kata Ridwan, dirinya sudah mempunyai banyak anak didik yang belajar membuat berbagai kerajinan di rumahnya belum lama ini. Dirinya bersedia menularkan keahliannya ke warga, terutama ke kalangan pemuda agar desanya menjadi pusat kerajinan kayu.

Dimulai siswa SMP dan SMA, dirinya melibatkan pelajar agar kalangan generasi muda terhindar dan tidak terlibat dalam peredaran Narkoba yang sudah sangat meresahkan di Desa Suka Damai.

“Kita ingin menyelematkan generasi muda dari narkoba,” tegas Ridwan, dirinya juga berharap ada perhatian dari Pemkab Rohul.

Terang Ridwan lagi, sejauh ini belum ada pegawai dari dinas terkait di Pemkab Rohul yang datang ke rumahnya. Namun, Camat Tambusai Utara Margono sudah pernah sambangi bengkel kreatifnya yang ada di Desa Suka Maju

Source http://www.riauandalas.com http://www.riauandalas.com/kerajinan-limbah-kayu-bernilai-tinggi-%E2%80%8Edi-tambusai-utara-belum-dilirik-pemkab-rohul/
Comments
Loading...