Kerajinan Limbah Kayu Menjadi Foto Dari Ciamis

0 291

Kerajinan Limbah Kayu Menjadi Foto Dari Ciamis

Limbah kayu yang sering ditemukan di sekitar kita, ternyata bisa disulap menjadi hasil karya seni bernilai jual tinggi. Di tangan Ganda Suganda, seniman asal Panjalu, Kabupaten Ciamis, limbah kayu disulap menjadi media pembuatan foto pribadi atau foto pasangan.

Idenya sangat sederhana. Selain menyukai seni ukir, dirinya ingin memanfaatkan limbah kayu yang banyak ditemukan di sekitar rumah jadi pemicunya. Ya, namanya foto siluet kayu, serta foto karikatur kayu yang unik dan bernilai seni tinggi.

Proses pembuatannya berawal dari mendesain foto pribadi atau foto pasangan hingga mencetaknya. Kertas bergambar pribadi atau pasangan, kemudian ditempel dalam limbah kayu yang sudah disesuaikan ukurannya. Tampang selanjutnya terbilang sulit, karena harus mengebor dan menggergaji bagian sketsa wajah secara detail. Jika tidak dilakukan dengan hati-hati, gambar hidung, mata, atau bagian rambut akan terpotong.

Terakhir proses finishing di tempuh dengan memberikan nuansa cat, serta bingkai dalam foto siluet kayu, serta karikatur kayu.

Hasilnya menakjubkan. Limbah kayu yang tidak memiliki nilai jual kini berubah menjadi produk seni unik, berkelas, serta bernilai ekonomi tinggi. 1 buah foto siluet kayu, serta karikatur kayu dihargai antara 150 ribu hingga 4 juta rupiah, tergantung jumlah wajah yang dibuatkan siluet, serta ukurannya.

Tidak hanya warga lokal, selebritis hingga tokoh nasional pernah dibuatkan foto siluet kayu, serta karikatur kayu oleh Ganda Suhanda. Lihat saja, foto siluet ternama Noah yang mirip aslinya atau foto karikatur Bung Karno yang tampak menarik tanpa mengurangi kegagahan presiden republik Indonesia ke 1 ini.

Dalam sepekan, Ganda Suhanda beserta 4 anaknya mampu membuat foto siluet berbahan kayu antara 30 hingga 40 buah.

Source http://rakyatjelataindonesiarajin.blogspot.com http://rakyatjelataindonesiarajin.blogspot.com/2018/02/ganda-suganda-seniman-limbah-kayu-asal.html
Comments
Loading...