Kerajinan Limbah Kayu Peti Kemas Di Jakarta Barat

0 269

Kerajinan Limbah Kayu Peti Kemas Di Jakarta Barat

Sebagian besar masyarakat menganggap tak berguna kayu-kayu bekas peti kemas yang tampak usang dan penuh paku. Namun, pendapat itu tidak berlaku bagi Sri Winarto. Pria yang akrab disapa Wien ini mengolah “sampah” tersebut menjadi kerajinan kayu yang unik, menarik, serta berdaya jual tinggi.

Wien mengaku memulai usaha ini sejak bersekolah di sekolah menengah pertama, 47 tahun silam. Beberapa hasil karyanya adalah kaligrafi penghias dinding, papan nama, nomor rumah, bingkai foto, dan kerajinan bernilai seni tinggi lainnya. “Bahan baku diambil dari pengumpul kayu bekas peti kemas. Kita menerima bersih, hanya lubang paku yang didempul,” ujar Wien kepada tim Usaha Anda belum lama ini.

Menurut pria lulusan D-3 Teknik Mesin tersebut, kayu yang dipilih tidak sembarangan. Ia hanya menggunakan kayu bekas peti kemas dari tanaman pinus Eropa atau oak. Pasalnya, kayu oak memiliki serat yang baik. “Serat kayu yang menonjol itu setelah dibakar dan disikat akan memberikan sentuhan seni yang hebat,” kata ayah dua putra ini.

Produk-produk buatan Wien dijual di pasaran dengan harga termurah Rp 1.000 per potong untuk kerajinan huruf atau angka. Sementara kerajinan termahal berbentuk kaligrafi sebagai dekorasi ruangan yang dijual seharga Rp 150 ribu.

Setiap bulan, Wien yang dibantu 15 pegawai tetap mampu memproduksi 4.000 hingga 5.000 potong produk ukuran kecil maupun besar. Distribusi pemasaran tak hanya memenuhi pesanan lokal melalui toko di Pasar Pagi, Mangga Dua, Jakarta Barat, tapi juga pasar internasional. “Dari pameran kerajinan yang diikuti di Jakarta, produk saya merambah Johannesburg, Maroko, Turki, Singapura, dan sejumlah negara di Timur Tengah,” jelas Wien.

Dengan omzet mendekati Rp 1 miliar per tahun, Wien berharap usahanya bertambah maju. Sejauh ini yang lebih penting baginya adalah dapat membuka lapangan pekerjaan. Ia menilai bantuan pemerintah yang dirasakan selama ini sebagai anggota Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) turut membantu kelancaran bisnisnya

Source https://www.liputan6.com https://www.liputan6.com/news/read/144930/memproduksi-kerajinan-dari-kayu-bekas-peti-kemas
Comments
Loading...