Kerajinan Limbah Kayu Unik Karya Wanita Asal Malang

0 180

Kerajinan Limbah Kayu Unik Karya Wanita Asal Malang

Memiliki ciri khas dari usaha yang dijalani dirasa menyenangkan oleh Retno Hastuti warga asal Malang, Jawa Timur. Usaha kerajinan dengan nama GS4 Woodcraft memiliki ciri khas yang terletak pada ukirannya. Ada tiga ukiran yaitu strowberi, tulip, dan matahari di karyanya.

Retno mengatakan, ketiga ukiran ini memang ia sukai, sehingga ia jadikan sebagai ukiran di produknya ini. Retno memulai bisnis usaha kerajinan kayu ini sejak 1992. Kini dia sudah memiliki beberapa pegawai yang membantunya membuat usaha kreatifnya ini. Usaha ini bermula sejak ia memanfaatkan limbah kayu milik temannya yang juga sesama pengusaha furniture menjadi beberapa produk.

“Saat itu hanya bisa membuat produk kecil, yang sesuai dengan ukuran kayunya. Seperti tempat pisau, tempat sendok. Karena kayunya terbatas,” ucap dia.

Produk yang dihasilkan, ada berbagai macam produk. Seperti gantungan baju, tempat tissue, pigora, rak sepatu, bakiak/nampan, dan masih banyak lagi berbagai furniture dan asesori rumah tangga. Retno mengatakan, meski awalnya ia memakai kayu limbah, saat ia sudah tidak menggunakan kayu limbah lagi.

“Awalnya memang tetap menggunakan kayu limbah, tetapi sekarang sudah tidak pakai kayu limbah lagi. Kami beli di perhutani. Kayunya yang kami pakai ialah kayu pinus,” imbuh.

Dia menyerahkan pembuatannya pegawainya. Tetapi untuk mengukirnya, ia lakukan sendiri dengan suaminya. Untuk harganya, memang ia jual dengan harga tinggi. Sekitar Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribu. Sesuai ukuran besar atau kecilnya barang yang dipesan. Seperti tempat toples. Ia buat seunik mungkin tempatnya yakni dengan berbentuk gerobak.

Source http://suryamalang.tribunnews.com http://suryamalang.tribunnews.com/2016/04/06/kerajinan-ukir-karya-retno-ini-punya-ciri-khas-dan-unik
Comments
Loading...