Kerajinan Limbah Kertas Di Lombok

0 251

Kerajinan Limbah Kertas Di Lombok

Bagi Pak Theo, sampah-sampah berbahan kertas yang berserakan di luar sana dilihatnya sebagai lembaran uang. Dari kertas-kertas tersebutlah The Griya Lombok berlokasi di Jl. Layur, Ampenan Selatan, Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat ini bisa semakin berkembang. Meskipun peminat produknya kebanyakan masih berasal dari luar Indonesia, Pak Theo tetap berkeinginan agar semakin banyak orang Indonesia (khususnya Lombok) yang berminat dengan produk-produk hasil olahan sampah kertas ini.

Cukup mengumpulkan sampah-sampah kertas yang ada di lingkungan sekitar rumah. Semua sampah berbahan dasar kertas. Karena Pak Theo memang fokus pada usaha daur ulang sampah kertas, maka sampah-sampah jenis lain seperti plastik dan sebagainya tidak termasuk. Setelah mengumpulkan sampah-sampah kertas tersebut dalam jumlah banyak, Pak Theo akan mengajarkan bagaimana membuat bubur kertas yang baik termasuk juga bagaimana membentuk hingga akhirnya menghasilkan beragam produk menarik yang bisa dipasarkan.

Usaha mengolah sampah kertas ini rupanya sudah digeluti Pak Theo selama 5 tahun, namun baru 2 tahun belakangan dia mulai fokus dan merambah ke aktifitas edukasi pada masyarakat. Usaha membuat beragam produk menarik dari hasil daur ulang sampah kertas. Sebuah usaha yang memberikan dua solusi sekaligus, yaitu mengatasi urusan sampah kertas di lingkungan tempat tinggal dan membuka lapangan pekerjaan baru bagi siapapun.

Source Kerajinan Limbah Kertas Di Lombok Kerajinan Limbah Kertas Di Lombok
Comments
Loading...