Kerajinan Limbah Kertas Karya Komunitas Di Purworejo

0 219

Kerajinan Limbah Kertas Karya Komunitas Di Purworejo

Limbah kertas yang selama ini dinilai tidak berguna, oelah tangan-tangan kreatif mampu disulap menjadi produk kerajinan yang apik dan bernilai ekonomis. Adalah Komunitas Rumah Kertas Indonesia, yang beranggotakan anak-anak muda kreatif ini tengah gencar mengembangkan beberapa kreasi seni kertas menjadi media pembelajaran maupun karya seni. Salah satunya dengan mengembangan karya dari kertas koran (paper craft).

Ide itu dilakukan Bambang Setiawan, salah satu trainer di Rumah Kertas Indonesia yang bermarkas di Kelurahan RT.02/02, Kelurahan Cangkrep, Kecamatan Purworejo. Bambang’s Gami, sapaan akrabnya, mengungkapkan, dipilihnya kertas koran karena bahan itu mudah didapat, murah dan mudah dikreasikan.

“Banyak bentuk, model dan desain yang sudah kami kembangkan, mulai dari jenis kreasi tempel, anyam dan lembaran. Dari proses anyam dikembangkan bentuk vas bunga, guci, kotak pensil, kotak tissue, keranjang buah, tempat lampu, gantungan kunci, bross dan lain-lain,” katanya.

Berbagai produk yangdihasilkan di antaranya, kaligrafi, miniatur Masjid Agung Purworejo, miniatur angkringan, miniatur tugu Jogja, miniatur bus terbesar di dunia yang berada di Purworejo dan lainnya. Namun juga bentuk kreasi lainnya yaitu bonsai dari kertas Koran juga produk yang cukup banyak disukai dan diminati. Untuk harga produk kerajinan dari limbah kertas ini sendiri dijual pada kisaran puluhan hingga ratusan ribu rupiah tergantung model dan tingkat kesulitan dalam membuatnya.

“Kami dari Rumah Kertas Indonesia membuka peluang bagi siapa saja yang ingin belajar bersama kami. Baik dari instansi, sekolah, karang taruna, PKK dan masyarakat umum. Alhamdulillah kegiatan pelatihan kami sudah berjalan diperbagai kota dan daerah di Indonesia, mulai dari Padang, Palembang, Lampung, Yogya, Surabaya, Purwokerto, Tegal, Kalimantan, Sulawesi, NTT dan daerah-daerah lainnya,” imbuh dia.

Dikatakan Bambang, hingga saat ini masih komunitas yang mengembangkan seni kertas masih seperti di Komunitas Rumah Kertas Indonesia. Terutama kreasi kertas koran yang menurutnya masih sangat terbuka dan memiliki cukup peluang dalam dunia bisnis kerajinan dan kreativitas.

“Rumah Kertas Indonesia ini di Banjarnegara pusatnya, saya divisi Purworejo sebagai koordinatornya. Kami selalu terbuka untuk siapa saja yang ingin belajar,” pungkasnya.

Source http://purworejo.sorot.co/ http://purworejo.sorot.co/berita-8230-kreatif-komunitas-ini-sulap-limbah-kertas-jadi-produk-kerajinan-bernilai-ekonomis.html
Comments
Loading...