Kerajinan Limbah Komputer Di Semarang

0 55

Kerajinan Limbah Komputer Di Semarang

Perangkat keras komputer yang sudah tidak digunakan seperti personal computer board (PCB) bisa berubah menjadi bahan kerajinan bernilai jual tinggi. Seperti yang dilakukan oleh Heri Sukrisno, warga Desa Sraten, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang.

Berawal dari mengumpulkan perangkat keras dari komputer, Heri kini dapat menghasilkan meja dan cincin dari limbah PCB. Heri mendapatkan PCB dari pasar loak yang mengumpulkan barang bekas dari tukang servis televisi, komputer, hape, dan tukang servis lainnya.

Sebelum membuat barang daur ulang dari limbah PCB, ia dan rekannya, Sindhu Prasasyo telah mengerjakan proyek kerajinan berbahan daur ulang dari bahan ban dalam.

Selama ini, kerajinan dari ban dalam mereka seperti dompet, tas, dan perhiasan sudah dikirim hingga ke Jerman, Denmark, Perancis, dan Australia.

“Awalnya saya mengolah limbah ban dalam untuk dijadikan tas, dompet, dan kalung,” ujar Heri.

Realisasi pengolahan limbah PCB merupakan hasil kerja sama dengan USAID yang mengorganisasi pelatihan. Setelah pelatihan ditekuni, baik Heri maupun Sindhu berpikir untuk menjadikan hasil pelatihan sebagai usaha.

Source http://jateng.tribunnews.com http://jateng.tribunnews.com/2019/02/07/cegah-kerusakan-lingkungan-heri-ubah-perangkat-komputer-jadi-kerajinan-ada-cincin-hingga-meja
Comments
Loading...