Kerajinan Limbah Kulit Bawang Putih Di Surabaya

0 257

Kerajinan Limbah Kulit Bawang Putih Di Surabaya

Di tangan pahlawan ekonomi Surabaya 2012, Maslikah, warga Surabaya, jawa Timur limbah bawang putih disulap menjadi kerajinan bunga kering nan cantik dan unik. Mengolah limbah kulit bawang putih menjadi bahan kerajinan cantik sudah menjadi aktivitasnya sehari-hari. Kulit bawang yang sudah dikeringkan dikelupas. Sedangkan batang bawang putih dipotong untuk dibuat sebagai bahan mahkota bunga.

Sekilas memang tampak mudah dan tampak seperti bunga kering biasa. Namun ternyata Maslikah membutuhkan waktu cukup lama untuk bereksperimen dengan kulit bawang putih, yakni sekitar 6 bulan.
“Kulit bawang saya dapatkan secara gratis dari pemberian tetangga sekitar. Kadang saya juga harus membeli limbah kulit bawang di Pasar Pabean. Dalam sehari, saya bisa memproduksi 50 buah bunga kering dan 50 buah bros berbahan kulit bawang putih,” ujar maslikah.
Sayangnya, meskipun meraih predikat sebagai Pahlawan Ekonomi 2012, Maslikah kesulitan dalam memasarkan produknya. Pemerintah Kota Surabaya tidak banyak membantu pengusaha UMKM seperti dirinya sehingga dia harus berusaha sendiri untuk memasarkan produk ke pasar swalayan.
Di Surabaya bahkan di Indonesia, Maslikah masih merupakan perajin limbah kulit bawang satu-satunya yang ada. Meski dijual dengan harga tak lebib dari Rp 15 ribu, masyarakat masih enggan menghargai jerih payahnya. Padahal perajin UMKM seperti maslikah banyak menggantungkan hidup justru dari kerajinan hasil karya kreatifitas yang tidak murah.
Source http://pojokpitu.com http://pojokpitu.com/baca.php?idurut=13342
Comments
Loading...