Kerajinan Limbah Kulit Jagung Di Garut

0 313

Kerajinan Limbah Kulit Jagung Di Garut

Kreativitas tidaklah cukup tanpa kemauan. Seperti yang dilakukan Yayan, warga Desa Jati, Kecamatan Tarogong Kaler, Garut, Jawa Barat, belum lama ini. Di tangan bapak satu anak itu, sampah kulit jagung disulap jadi kerajinan bunga hias yang bisa mendatangkan rupiah.

Peralatannya sederhana. Sediakan gunting, pisau cutter, serta lem bakar. Selain kulit jagung, ada juga bahan penunjang yang dipakai. Antara lain stereofoam, ranting kering, dan buah pohon suren sebagai penghias. Membuat aneka hiasan dari klobot memerlukan kecermatan. Prosesnya, klobot dikeringkan dulu di terik cahaya matahari selama beberapa jam. Setelah kering barulah diwarnai sesuai keinginan dengan pewarna tekstil. Lalu, agar klobot tidak mudah rusak ketika dibentuk nantinya, biasanya dua lembar klobot direkat menjadi satu.

Langkah selanjutnya, permukaan klobot dihaluskan dengan cara disetrika dan digunting rata. Tahap berikutnya klobot dicetak dan dipotong sesuai bentuk yang diinginkan. Dengan proses yang tak jauh beda, klobot juga bisa dibentuk menjadi aneka kerajinan hias lainnya.

Caranya juga tidak sulit. Kulit jagung yang sudah diberi warna sesuai keinginan digunting mengikuti pola. Potongan-potongan pola kemudian disatukan dengan steples dan digabungkan dengan kelopak bunga dari sterofoam. Jangan lupa menghiasnya dengan biji pohon suren untuk membentuk mahkota bunga yang utuh.

Source http://news.liputan6.com http://news.liputan6.com/read/236866/dari-sampah-kulit-jagung-jadi-uang
Comments
Loading...