Kerajinan Limbah Perca Karya Warga Lingkar Sosial Di Malang

0 122

Sampah jahitan berupa potongan kain atau disebut kain perca, ditangan para pengrajin ini bisa menjadi kerajinan tangan bernilai ekonomis. Ada berupa dompet, tas, sarung bantal, hiasan dinding dan lain sebagainya. Terdapat beberapa kelompok pengrajin, mayoritas anggotanya perempuan, salah satunya adalah Kelompok Karya Inklusi.

Kelompok Karya Inklusi adalah warga Lingkar Sosial (LINKSOS) komunitas penyandang disabilitas yang berbaur dengan masyarakat umum lainnya berlatih kerajinan tangan di Komunitas Pelanusa, sebuah organisasi pemberdayaan perempuan yang ada di Kecamatan Singosari Kabupaten Malang.

Pelatihan tidak dipungut biaya alias gratis hanya menanggung biaya alat dan bahan praktek yang dibeli dari tempat berlatih. Kebaikan lainnya disitu kita berlatih disitu pula kita bisa menjual hasil karya.

Relatif tergantung bahan yang digunakan dan tingkat kesulitan. Contoh produk dompet tas bisa dihargai sekitar 50 ribu. Tas bisa mencapai harga 100 ribu.

Harga ditentukan sendiri oleh para pengrajin. Selain belajar berkreasi pada pelatihan itu ternyata juga diajarkan mengelola produksi dan pemasaran termasuk menentukan harga jual agar usaha tidak rugi dan bisa berkelanjutan.

Informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan menghubungi Widi Sugiarti di 085769175913 (Telp/ SMS/ WhatsApp)

Source https://lingkarsosial.wordpress.com https://lingkarsosial.wordpress.com/2016/12/11/ini-menarik-mengolah-sampah-perca-menjadi-kerajinan-bernilai-ekonomis/
Comments
Loading...