Kerajinan Limbah Plastik Di Yogyakarta

0 270

Kerajinan Limbah Plastik Di Yogyakarta

Bukan lagi hal yang baru, jika sampah sudah menjadi masalah umum perkotaan. Untuk sebagian besar masyarakat, sampah dianggap sebagai barang yang sudah tak berguna lagi, namun bagi ibu tiga anak ini, sampah dapat disulap menjadi produk kerajinan bernilai ekonomi yang tinggi.

Adalah Darmaningsih Puji Andayani, warga Kampung Ngadisuryan RT13/RW3 Kelurahan Patehan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta, memanfaatkan limbah plastik kresek yang dibuang orang menjadi berbagai rupa produk kerajinan unik.

Ide pembuatan produk-produk kerajinan ini bermula ketika Darma melihat banyak tumpukan sampah plastik di Bank Sampah di kampungnya, Ngadisuryan. Sampah-sampah tersebut sebelumnya telah dipilah-pilah oleh warga, dan banyak limbah yang seharusnya dapat dimanfaatkan, malah dibuang atau dijual dengan harga murah.

Limbah plastik yang dimanfaatkan Darma adalah limbah plastik kresek dari plastik pembungkus laundri, kresek barang belanjaan, maupun plastik dari gelas bekas minum, ataupun bekas sedotan, yang banyak ditemui di lingkungannya. Terkadang limbah plastik tersebut didapatkannya dari tetangga ataupun saudaranya secara cuma-cuma.

“Limbah plastik ini banyak sekali, dan susah terurai, sehingga caranya ya kita manfaatkan lagi. Dari limbah menjadi produk kerajinan dengan nilai ekonomis yang tinggi,” ujar Darma.

Darma menggeluti bisnis kerajinan limbah plastik sejak pertengahan 2013. Dibantu dengan suaminya, Jatmiko, bersama ketiga putrinya, ia mengerjakan pesanan bermacam-macam kerajinan di bengkel kerja di rumahnya sendiri.

Berbagai produk kerajinan telah dibuatnya seperti tas, boneka, taplak, gantungan kunci, tempat pensil, hiasan korden, dan bahkan baju anak. Sebelum dibuat kerajinan, limbah plastik yang sudah tersedia, dipotong-potong menjadi lembaran-lembaran. Lembaran-lembaran tersebut ditumpuk dan dilipat sedemikian rupa. Selanjutnya, lembaran yang sudah tersusun, beralaskan kertas minyak, disetrika, sehingga dapat membentuk tekstur yang diinginkan.

“pertama-tama, saya mencoba dulu. Waktu itu saya masih bingung, apa plastik-plastik ini mau langsung dijahit, tetapi terus kepikiran bagaimana jika disetrika dulu, seperti proses laminating, supaya lapisan lebih tebal, dan dapat membentuk tekstur yang bagus,” ujarnya.

Source http://jogja.tribunnews.com http://jogja.tribunnews.com/2015/08/05/sampah-pun-bisa-disulap-jadi-bahan-kerajinan-kreatif
Comments
Loading...