Kerajinan Limbah Plastik Karya Ibu PKK Di Kejambon

0 119

Kerajinan Limbah Plastik Karya Ibu PKK Di Kejambon

Limbah plastik yang tidak ada nilainya ternyata bisa disulap anggota PKK Kelurahan Kejambon. Sampah yang biasanya menjadi masalah di masyarakat, bisa bernilai tinggi di tangah kaum hawa ini.

Dengan kreatifitas dan keterampilan anggota PKK Kejambon, sampah plastik dimanfaatkan menjadi kerajinan. Mulai tas, dompet, pot bunga, penampan, dan lainnya.

Ketua PKK Kejambon Susyanti, apa yang dilakukan anggota PKK Kejambon itu sebagai bagian dari kelompok dasa wisma (dawis).

Selain membuat kerajinan tangan, PKK Kejambon juga membuat jamu herbal yang bahannya didapat dari tanaman yang ada di pekarangan atau tanaman obat (toga). Seperti kunir, temu lawak, jahe dan lain sebagainya. Hasil kreativitas warga ini sebelumnya dipamerkan dalam lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS).

Susyanti menambahkan, plastik bekas kemasan apapun bisa didaur ulang menjadi tas yang bermanfaat. Dengan cara dijahit, dilipat-lipat lalu dianyam, atau bisa juga dengan dilinting panjang.

Bahkan dari limbah plastik dapat dibuat bunga cantik. Bunga ini terbuat dari sampah sedotan. Sedotan plastik bekas pakai dibersihkan terlebih dahulu sebelum dikreasikan menjadi bunga yang indah.

Selain dari limbah plastik, PKK Kejambon juga membuat kerajinan dari koran bekas, kertas bekas, dan limbah kain. Koran bekas bisa disulap menjadi vas bunga dan alas gelas yang cantik.PKK Kejambon juga menyulap limbah kain menjadi keset, dengan nilai jual tinggi.

Source https://radartegal.com https://radartegal.com/berita-lifestyle/di-tangan-ibu-ibu-pkk-limbah-plastik-jadi.14292.html
Comments
Loading...