Kerajinan Limbah Sampah Di Pasuruan

0 218

Kerajinan Limbah Sampah Di Pasuruan

Kebanyakan orang menganggap bahan bekas atau rongsokan tidak berguna lagi, namun di Pasuruan, ada salah satu orang nelayan menyulap bahan bekas menjadi kerajinan yang bernilai jual tinggi. Seperti yang dilakukan Ahmad Taufik warga Dusun Pesisir, Desa Mlaten, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan, saat berangkat untuk mencari bahan bekas.

Taufik kesehariannya sebagai seorang nelayan, yang penghasilannya tidak menentu ternyata mempunyai keahlian lebih. Yakni, mampu mengubah bahan bekas atau rongsokan yang tidak terpakai, disulap menjadi barang yang berharga dan memiliki nilai jual tinggi.

Dengan kreativitas dan kesabarannya, ia mampu membuat beberapa kerajinan seperti, lampu hias, miniatur motor dan mobil, alat musik, fas bunga, figura, papan selancar.

Keterampilannya itu di milikinya sejak 2010 silam, berawal saat dirinya hanya mencoba-coba membuat hiasan lampu dari botol bekas tidak terpakai, yang diambilnya dari sampah milik tetangga .

Hiasan lampu tersebut akhirnya di pajang di rumahnya, dan ada salah satu temannya tertarik dengan hasilnya. Hingga akhirnya Taufik membuat kreasi baru.

Untuk harga dilihat dari tingkat kesulitan pembuatannya, harga lampu hias di bandrol dengan harga Rp 50 ribu hingga Rp 200 ribu, miniatur motor dan mobil dibandrol dengan harga Rp 70 ribu hingga Rp 150 ribu.

Masyarakat di desa tersebut mayoritas pekerjaannya sebagai nelayan. Maka dari itu, Taufik ingin mengelolah sampah yang tidak terpakai menjadi barang yang berharga.

“Alat musik dijual Rp 150 ribu hingga Rp 500 ribu, fas bunga dibandrol dengan harga Rp 100 ribu hingga Rp 500 ribu rupiah, sedangkan untuk papan selancar dan figura dibandrol dengan harga Rp 75 ribu hingga Rp 1 juta,” jelas Akhmad Taufiq.

Pengirimannya sudah merambah ke beberapa daerah, seperti Pasuruan, Mojokerto, Sidoarjo, Malang, Probolinggo, hingga keluar daerah seperti Jakarta dan Kalimantan

Source http://pojokpitu.com http://pojokpitu.com/baca.php?idurut=69672&&top=1&&ktg=J%20Tapal%20Kuda&&keyrbk=Rehat&&keyjdl=kerajinan%20tangan
Comments
Loading...