Kerajinan Limbah Sarung Tenun Di Gresik

0 329

Kerajinan Limbah Sarung Tenun Di Gresik

Untuk mengurangi limbah sarung tenun yang ada di Desa Klampok, Kecamatan Benjeng, Gresik. Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gresik, memberikan pelatihan kepada warga secara gratis.

Di mana warga Desa Klampok sebanyak 930 keluarga yang mayoritas pengerajin sarung tenun, dibekali dengan keahlian mengolah potongan kain afkir sarung tenun hasil kreasinya, yang sudah menembus pasaran ekspor.

“Usaha ini terlaksana, berkat kerjasama kami dengan salah satu lembaga kursus dan pelatihan yang ada di Gresik. Di mana warga Desa Klampok, kami ajarkan untuk menyulap limbah dari sarung tenun afkir menjadi barang yang punya nilai ekonomis,” tutur Kepala Bidang (Kabid) Perindustrian Ilmul Yaqien.

Ngadi menjelaskan, untuk potongan sarung tenun afkir yang masih lebar, sebenarnya sudah bisa dimanfaatkan oleh para warganya sebagai bahan pembuatan baju anak-anak. Namun untuk kain kecil-kecil yang tersisa, banyak yang dibuang, meski jumlahnya cukup banyak.

“Dari setiap 12 kodi sarung yang dihasilkan oleh warga. Biasanya paling tidak itu ada 6 potong kain sarung yang afkir. Kami sudah memanfaatkannya sebagai pakaian anak-anak. Tapi tetap saja, masih banyak bahan tersisa yang seringkali kami buang begitu saja ke tempat sampah dan tidak dimanfaatkan,” kata Ngadi.

Mengetahui hal ini, Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gresik, coba memberikan penyuluhan kepada warga untuk pemanfaatan sisa kain afkir tersebut. Mereka melatih warga, untuk memanfatkan limbah tersebut menjadi kerajian tangan dan penghias peralatan rumah tangga.

Dimana kursus gratis ini, rupanya cukup diminati oleh warga Desa Klampok. Tidak hanya ibu-ibu dan remaja putri saja yang ikut berpartisipasi, namun ada juga bapak-bapak yang antusias dalam mengikuti kursus.

“Dari limbah tersebut, akhirnya kami dapat menghasilkan barang yang cukup dibutuhkan oleh banyak orang. Semisal bross, tempat tisu, taplak kulkas, taplak meja, penghias rak mini minuman gelas, pelapis gelas, dan juga pelapis toples. Lumayan bisa tambah penghasilan,” terang salah satu peserta pelatihan, Sukiadi

Source http://www.tubantimes.com http://www.tubantimes.com/baca/141737/20160503/212005/menyulap-limbah-sarung-tenun-menjadi-aneka-kerajinan/
Comments
Loading...