Kerajinan Limbah Serbuk Kayu Karya Dosen UMM

0 189

Kerajinan Limbah Serbuk Kayu Karya Dosen UMM

Inovasi kerajinan tangan tidak ada matinya. Salah satunya yang dilakukan oleh dosen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), mereka memanfaatkan limbah komposit serbuk kayu dan kain perca menjadi beragam kerajinan tangan dan suvenir.

Iis Siti Aisyah, ST. MT. PhD, dosen Teknik Mesin-Material dan Dini Kurniawati, ST., MT spesialisasi Teknik Kimia, menggagas pelatihan kerajinan tangan di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Riverside, Mulyoagung Dau, Malang. Kegiatan ini sebagai program pengabdian masyarakat, yang memberikan pengenalan bahan limbah untuk dijadikan produk kerajinan tangan dan suvenir layak jual.

Iis Siti Aisyah, menyampaikan keterampilan pembuatan souvenir layak dikembangkan terutama di daerah Malang dan Kota Batu. “Malang dan Batu ini kan dikenal sebagai daerah tujuan wisata. Saya rasa pernak – pernik suvenir cukup diminati oleh wisatawan sebagai buah tangan mereka,” ujarnya.

Ia menambahkan, metode pembuatan suvenir ini cukup mudah, tapi ada beberapa material yang harus diperlakukan dengan tepat. “Pembuatannya mudah, tapi beberapa material seperti katalis ini kan berbahaya bagi kulit jadi harus tepat penggunaannya. Untuk itu, pengenalan bahan sangat penting kita sampaikan, terlebih jika berkaitan dengan aspek kesehatan lingkungan,” imbuhnya.

Kegiatan pelatihan tersebut turut serta menggandeng kelompok ibu – ibu PKK setempat. Harapannya bisa meningkatkan keterampilan dan menjadi salah satu alternatif penghasilan di wilayah ini.

“Saya menyambut positif kegiatan ini. Pelatihan – pelatuhan ini bisa meningkatkan potensi SDM di wilayah ini, apalagi ada pembuatan suvenir batik, merangkai bros, dan yang lainnya. Semoga dengan ini bisa menciptakan peluang kerja paruh waktu bagi masyarakat di sini,” papar Mariya Cholil, Ketua PKK wilayah Mulyoagung Dau RT 02.

Source https://radarmalang.id https://radarmalang.id/di-tangan-dosen-umm-limbah-komposit-serbuk-kayu-bisa-jadi-souvenir-lho/
Comments
Loading...