Kerajinan Limbah Sisik Ikan Di Bangka

0 387

Kerajinan Limbah Sisik Ikan Di Bangka

Sisik ikan biasanya dibuang sebelum memasak ikan jadi santapan lezat, namun ternyata limbah tersebut dapat dimanfaatkan menjadi sebuah kerajinan tangan. Buktinya banyak ibu-ibu di beberapa wilayah di Indonesia yang turut memanfaatkan sisik ikan, bahkan mengadakan pelatihan untuk membuat kerajinan tangan seperti yang dilakukan ibu-ibu PKK Kabupaten Bangka.

“Saya kira ikan cuma bisa disantap saja, tapi ternyata sisiknya juga bisa bermanfaat jadi kerajinan tangan yang indah,” kata Hj. Mina Tarmizi selaku ketua ibu-ibu PKK.

Beberapa pengrajin juga sengaja menjadikan kerajinan tangan dari sisik ikan ini sebagai mata pencaharian mereka. Seperti yang dilakukan masyarakat Kabupaten Bintan di Riau yang tinggal di wilayah pesisir.

Deby Apri Sujadi selaku Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) di Bintan menyampaikan, kerajinan tangan dari sisik ikan banyak peminatnya, baik itu dari masyarakat lokal ataupun wisatawan asing. Sekarang ini kerajinan tangan dari sisik ikan sudah merambah ke negara tetangga kita Negeri Jiran Malaysia.

Enggak banyak orang yang menyadari kalau sisik ikan merupakan limbah yang dapat didaur ulang. Padahal sisik ikan dapat jadi produk bernilai ekonomi tinggi dan cocok jadi sebuah usaha mikro.

Setiap ikan memiliki ukuran sisik yang berbeda, baik itu lebar maupun ketebalannya. Biasanya sisik ikan yang paling sering dimanfaatkan sebagai kerajinan tangan yaitu ikan kakap, karena memiliki tekstur sisik ikan yang kuat, besar, dan lebih tebal dibanding sisik ikan lain.

Source https://preneur.trubus.id https://preneur.trubus.id/post/dibuang-sayang-limbah-sisik-ikan-bisa-jadi-karya-seni-tingkat-tinggi-3236
Comments
Loading...