Kerajinan Limbah Tali Plastik Di Kebumen

0 429

Kerajinan Limbah Tali Plastik Di Kebumen

Bagi sebagian orang, bekas tali peti kemas merupakan barang sampah atau limbah yang tidak berguna. Lain halnya Ambiya Muryanto warga yang tinggal di Jl. Bengawan dusun Kauman Desa Kutosari Kecamatan Kebumen ini. Dia bersama istrinya Siti Hadiyatun mengubah sampah tali plastik menjadi barang yang sangat berguna, sehingga bisa mendatangkan rupiah. Dengan telaten siti menganyam limbah tali plastik bekas ini menjadi sebuah tas belanja yang sangat menarik.

Berawal dari keprihatinannya pada bekas tali plastik yang hanya berakhir di tempat sampah, Yanto tergerak untuk menjadikannya sebagai barang yang lebih berguna. Awalnya dia hanya melihat tas tersebut dipasaran,merasa bisa membuatnya, diapun mencoba menganyam dirumah. Awalnya dia menggunakan sendiri untuk keperluan sehari-hari. Terlebih dia adalah seorang penjual ayam potong di pasar Tumenggungan Kebumen. Rupanya tas milik yanto banyak dilirik ibu-ibu dipasar permintaanpun terus berdatangan. Getok Tular sesama para pedagangpun menjadikannya tas produksi yanto dikenal luas. Tidak hanya cantik,tas buatannya juga sangat membantu ibu-ibu dalam membawa barang belanjanya. Bahkan tas buatannya mampu bertahan hingga 3 tahun lamanya.Selain menghasilkan rupiah tas ini juga sangat berguna untuk membawa barang-barang belanjaan dan membantu dapat meminimalisir penggunaan tas kresek yang sekali pakai dan mengakibatkan penumpukan sampah. Di bantu saudaranya siti mengenyam tas produksinya secara manual di butuhkan ketelitian dan ke sabaran dalam proses pengerjaan tas itu sebab untuk mendapatkan warna tali plastik menjadi komposisi yang cantik bukanlah persoalan mudah yang paling istimewa setiap tasnya di pastikan memiliki motif yang slalu berbeda dalam sehari rata-rata yanto dan istrinya mampu menghasilkan 5 buah tas yang di hargai mulai dari Rp 10.000,- untuk ukuran yang kecil dan Rp35.000,- untuk ukuran yang besar. Yanto sendiri membuat tas-tas tersebut dalam 5 ukuran. Tas ukuran besar mamppu membawa beban hingga 50 kg.

Usaha yang di mulai sejak 3 tahun yang lalu mendapatkan bahan bakunya dari tukang rongsok yang di belinya dengan harga murah. Selain di jual di pasar tumenggungan tas buatanya juga di jual pada momen keagamaan seperti khaul, rajaban, lebaran, bahkan, bahkan menjelang hari-hari besar dia mampu menjual hingga 100 tas sebuah omset yang menjanjikan di sela-sela pekerjaan pokoknya sebagai penjual.

Source http://www.beritakebumen.info/ http://www.beritakebumen.info/2012/03/limbah-tali-plastik-membawa-rupiah.html
Comments
Loading...