Kerajinan Limbah Triplek Di Kendal

0 284

Kerajinan Limbah Triplek Di Kendal

Berawal dari keisengannya, Ahmad Rizza sukses mengubah limbah faceback triplek menjadi berbagai barang kerajinan dengan nilai ekonomi tinggi. Hasil karyanya pun kini sudah banyak diminati. Rizza mengatakan, keisengannya bermula ketika menjalankan program Kuliah Kerja Nyata(KKN) di daerah Brangsong, Kendal. Di daerah itu, ia menemukan banyak limbah triplek yang tidak dimanfaatkan dan dibakar oleh warga.

Hal itupun membuatnya tergerak untuk bisa memanfaatkan limbah tersebut, dengan membawanya pulang dan mencoba mengkreasikan sesuai dengan imajinasinya.

“Daripada limbah itu dibakar, saya berpikir mending dibuat barang kesenian. Iseng saya bawa pulang ke kos, lalu saya buat menjadi lampion. Ternyata lampion susah, dan iseng lagi bikin lukisan wajah,” ucapnya.

Dari limbah triplek tipis tersebut, Rizza mengubahnya menjadi sebuah lukisan wajah yang menarik. Proses pembuatannya bisa dikatakan susah-susah gampang. Pertama, limbah triplek diberi lapisan kertas coklat di belakangnya untuk membuat sketsa wajah. Kemudian mulai dipotong atau diukir dengan pola terbalik menggunakan cutting pen.

“Sketsanya di balik, agar hasil depan bisa rata dan halus. Susahnya biasanya saat menggambar sketsa dan memotong. Kalau tidak hati-hati nanti bisa patah, karena limbah ini kan tipis,” jelasnya.

Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang (Unnes) itu menuturkan, yang terpenting dalam pembuatan kerajinan itu adalah ketelitian dan kesabaran saat membuat sketsa wajah. Untuk membuat lukisan wajah itu tidak diperlukan modal banyak. Laki-laki asal Pati, Jateng itu hanya memanfaatkan limbah gratis serta hanya membeli cutting pen sebagai modal utamanya.

Satu lukisan wajah berbahan limbah itu, Rizza mematok harga sekitar Rp 100.000-Rp 150.000, tergantung dari tingkat kerumitan skestanya. Untuk pemasaran produknya, sejauh ini ia biasa menggunakan akun sosial Instagram dengan @iback_creative, atau dari teman ke teman. Dari hasil pengolahan limbah triplek itu, Rizza kini mampu membiayai kuliah sendiri. Ia bahkan mampu membantu biaya kuliah untuk adik-adiknya.

Source http://jateng.tribunnews.com http://jateng.tribunnews.com/2018/02/02/awali-karyanya-dengan-buat-lampion-mahasiswa-unnes-ini-ubah-limbah-triplek-menjadi-barang-berharga?page=2
Comments
Loading...