Kerajinan Logam di Demak

0 325

Selain memiliki ciri khas tanaman refugia, Mijen juga memiliki home industry Kerajinan Tangan Logam. Zem Silver adalah sebuah rumah produksi kerajinan perak yang di pelopori oleh Ershad terletak di RT 4/ RW 1 Desa Mijen. Dengan dibantu 6 karyawan, Ersyad memroduksi berbagai jenis kerajinan tangan berupa perhiasan, perabotan rumah tangga, logo instansi, souvenir, hiasan dinding, dan lain-lain, dengan bahan baku logam terutama perak.

Tidak hanya menggunakan perak, bahan pembuatan perhiasan juga memanfaatkan logam lain, seperti tembaga dan kuningan, yang biasa didapatkan dari toko bahan bangunan dan juga dari pengepul rongsokan. Dalam sehari Zem Silver dapat menghasilkan hingga 20 buah perhiasan maupun souvenir perak

Teknik Pembuatan Kerajinan Logam

Teknik Pembuatan Kerajinan Logam menggunakan teknik ukir tekan. Teknik ini digunakan untuk membuat hiasan di atas permukaan pelat logam tipis dengan ketebalan sekitar 0,2 mm untuk pelat logam kuningan dan 0,4 mm untuk pelat logam tembaga. Alat yang biasa digunakan pada teknik ini adalah alat yang dibuat dari tanduk sapi atau kerbau yang telah dibentuk sesuai kebutuhan ukir tekan. Bisa juga menggunakan bamboo atau kayu.

Source Sentra Kerajinan Logam Di Demak Sentra Kerajinan Logam Di Demak
Comments
Loading...