Kerajinan Loyang Di Garut

0 340

Kerajinan Loyang Di Garut

Mendekati datangnya Hari Raya Lebaran, sejumlah perajin loyang atau cetakan kue di Garut Jawa Barat kebanjiran pesanan. Bermacam bentuk dan jenis loyang untuk kue lebaran ramai dipesan, tentunya membawa berkah tersendiri bagi para pengrajin loyang.

Omzet penjualan pun mencapai jutaan rupiah. Masih tingginya pesanan cetakan kue, diperkirakan karena masih banyak warga yang memilih berkreasi sendiri dalam membuat kue-kue untuk dihidangkan di Hari Lebaran. Meski kue-kue tersebut banyak dijual di pasaran.

Tingginya pesanan loyang diakui Caca, salah satu perajin loyang di kawasan Garut. Menurut perajin yang sudah 10 tahun menggeluti usaha itu, pesanan meningkat hingga 100 persen. Omzet penjualan pun berlipat ganda jika dibandingkan dengan hari biasa.

“Loyang hasil produksi saya dikirimkan ke sejumlah pasar di Garut dan sejumlah tempat di Bandung. Untuk memenuhi pesanan dari dalam dan luar Kabupaten Garut, saya terpaksa harus bekerja lembur bersama sejumlah karyawan,” ujar Caca.

Salah satu yang kebanjiran pesanan mendekati Lebaran adalah para perajin loyang atau cetakan kue di kawasan Kampung Bojongwaru Desa Mekarjaya, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut. Kebanjiran pesanan, membuat aktivitas produksi di kawasan yang sejak lama dikenal sebagai daerah pembuat loyang serta peralatan pembuat kue di Garut meningkat sejak 2 pekan terakhir. Bermacam ukuran loyang pun menjadi sasaran pembeli, mulai dari ukuran 20×20 cm, 36×36 cm, 45×45 cm hingga 40×60 cm.

Tak hanya itu, masih banyak lagi ukuran lain yang dalam proses penyelesaian. Seperti beragam jenis loyang untuk cake, bolu, kue kering juga loyang untuk brownies. Mereka pun ngebut bekerja untuk memenuhi pesanan dari dalam dan luar Kabupaten Garut.

Ketatnya persaingan, membuat masing-masing perajin berlomba-lomba membuat kreasi bentuk loyang yang berbeda agar diminati pelanggan. Loyang sendiri mempunyai peran yang sangat penting dalam membentuk adonan kue atau bolu agar menjadi menarik.

Bermacam bentuk loyang di tempat itu juga bisa dibeli dengan harga satuan atau pun perkodi. Untuk loyang persegi susun tiga dan loyang bulat polos susun tiga misalnya, dijual dengan harga Rp 7.500. Loyang cake susun dua Rp 6.500, loyang tipis untuk kue semprit 2.500 perbuah.

Untuk loyang brownies, penjual membanderol Rp 3 ribu. Sedangkan loyang bulat corong susun dua serta loyang cake dijual Rp 6.500. Dan loyang cake jumbo dijual dengan harga lebih murah yakni Rp 5.500 per buah

Source https://www.liputan6.com https://www.liputan6.com/ramadan/read/649716/berkah-lebaran-perajin-cetakan-kue-di-garut-kebanjiran-pesanan
Comments
Loading...