Kerajinan Lukis Kaca Warga Malang Tembus Luar Negri

0 561

Kerajinan Lukis Kaca Warga Malang Tembus Luar Negri

Berawal dari hanya sekedar hobi melukis, salah satu seorang Jalan Kawi Selatan, Kota Malang, Dyah Rachmalita kini kerap dipercaya untuk mengikuti berbagai kegiatan pameran di beberapa negara baik di Asia maupun di Eropa.

Dari hobinya itu pula, saat ini perempuan yang akrab disapa Lita tersebut tidak hanya mahir melukis diatas kanvas tetapi juga mampu melukis di atas media kaca (glass painting) bahkan memiliki usaha dengan nama ‘Lita Glass Painting’.

Lita mengisahkan bahwa perkenalannya dengan kerajinan lukis kaca dimulai pada 2007, saat ia mengikuti kursus glass painting atau lukis kaca yang diisi oleh seorang pelatih dari Rumania. Meskipun kursus tersebut hanya berlangsung selama satu hari, namun nyatanya mampu menarik Lia untuk semakin dalam mempelajari dan mengembangkan kerajinan lukis kaca.

Lebih lanjut Lita mengaku sebenarnya ia tidak pernah ada niat untuk menjadikan hobi melukisnya tersebut sebagai peluang usaha. Lita pada saat itu telah bekerja di dunia pendidikan. Tapi setelah berjalannya waktu dan sudah mengaplikasikan seni melukis gelas di beberapa media kaca, mulailah Lita terfikirkan untuk menjual karya-karyanya tersebut.

Setelah mengikuti suatu kegiatan bazar, ternyata sambutan masyarakat terhadap produknya cukup bagus. Dengan semakin banyak masyarakat yang mengetahui produknya, otomatis semakin hari produk kerajinan lukis kaca buatan Lita semakin banyak yang memesan. Hingga akhirnya Lita lebih memilih untuk lebih fokus untuk menggeluti usaha kerajinan  lukis kaca dan meninggalkan pekerjaannya di dunia pendidikan.

Awalnya ia hanya mencoba dari bahan daur ulang seperti botol-botol bekas untuk bisa dilukis. Dari situ akhirnya berkembang sehingga tidak hanya di botol bekas, tetapi juga di semua media berbahan kaca bisa ia lukis, seperti toples.

Lita mengatakan, cat yang digunakan untuk melukis di atas media kaca adalah cat khusus untuk kaca yang bahannya sendiri memang masih impor dari luar negeri. Sekarang banyak dijual di Indonesia dan mudah didapat. Sedangkan untuk harganya, Lita mematok harga mulai dari 20 ribu rupiah sampai dengan jutaan rupiah tergantung media dan tingkat kerumitan pola yang dilukis.

Source Kerajinan Lukis Kaca Warga Malang Tembus Luar Negri Kerajinan Lukis Kaca Warga Malang Tembus Luar Negri
Comments
Loading...