Kerajinan Lukisan Bambu Di Desa Cempaka

0 214

Kerajinan Lukisan Bambu Di Desa Cempaka

Pemanfaatan limbah potongan bambu selama ini hanya menjadi kayu bakar saja. Namun tidak bagi Irman Sukirman, pemuda asal Kampung Susukan, Desa Susukan, Kecamatan Campaka, potongan bambu itu bisa diolah menjadi kerajinan tangan bernilai ekonomi.

Berawal dari iseng memanfaatkan limbah bambu yang berada di samping rumahnya, Irman mencoba melukis bambu dengan cara dibakar menggunakan solder sebagai alat lukis.

Setiap hari, Irman berkutat di balai-balai rumahnya yang digunakan sebagai tempat untuk membuat hiasan dinding, tempat pensil, tempat gantungan kunci, dan lainnya.

 

Dengan cekatan, Irman menggoreskan ujung solder yang menyala seperti bara api di atas potongan bambu. Beberapa menit kemudian telah terlihat sebuah lukisan yang indah di atas potongan bambu.

Budi mengaku, sudah menggeluti kerajinan bambu lukis bakar sejak dua lalu yang lalu, ide tersebut terinsfirasi setelah melihat berbagai kerjinan tangan di internet.

“Awalnya dari iseng saja, tapi alhamudilah banyak yang pesan juga,” ucap Irman.

Lukisan yang dibuat Irman ini kebanyakan bertemakan tokoh pejuang. Harga lukisannya pun berfariasi, mulai dari Rp50 ribu hingga Rp500 ribu, tergantung kerumitannya.

“Pemasaran saya hanya mengandalkan media sosial (Medsos). Tapi pernah ada pesanan dari kota Bandung dan Bali,” katanya.

Source https://cianjur.pojoksatu.id https://cianjur.pojoksatu.id/baca/lukisan-dari-bambu-buatan-warga-campaka-cianjur-tembus-jawa-bali
Comments
Loading...