Kerajinan Lukisan Dari Sampah Di Kampung Ragam Warna

0 129

Kerajinan Lukisan Dari Sampah Di Kampung Ragam Warna

Membuat karya seni ternyata tidak harus mahal dan sulit. Sampah plastik yang sudah tidak terpakai ternyata dapat dijadikan karya seni yang memiliki nilai estetika yang tinggi.

Seperti dilakukan anak-anak di Kampung Ragam Warna, Dukuh Mranggen Desa Kutoharjo, Kecamatan Kaliwungu. Mereka memanfaatkan sampah plastik bekas bungkus makanan ringan dijadikan berbagai karya seni yang menarik.

Ya, dibawah bimbingan seniman Iwan Wijono  asal Jogjakarta, anak-anak di Kampung Mranggen diajarkan membuat lukisan dari bahan sampah plastik. Yakni dengan memanfaatkan alat pemanas solder agar plastik menempel dan jadi karya seni indah.

Iwan mengatakan, jika selama ini sampah plastik bekas minuman atau makanan ringan hanya dimanfaatkan untuk kerajinan semata. Atau kalau tidak dibuang karena dianggap barang tidak memiliki nilai guna. “Padahal warna warni bungkus plastik ini bisa dijadikan bahan karya seni lukisan yang indah,” tuturnya, kemarin.

Untuk membuatnya menurutnya juga sangat sederhana, hanya butuh plastik sampah bekas makanan atau bungkus minuman. “Alat pemanas solder ini untuk menempelkan plastik-plastik tersebut,” tandasnya.

Warna-warni bungkus makanan dan minuman, lanjut Iwan, dijadikan dasar membuat lukisan beraneka warna. “Bisa dibentuk lukisan apapun, lukisan pemandangan, lukisan wajah atau lainya. Menyesuaikan warna plastik yang ada,” tandasnya.

Menurutnya, sampah plastik khususnya plastik bekas makanan ringan sangat sulit dimanfaatkan. Karena dianggap kantong sekali pakai yang langsung dibuang begitu selesai. Padahal sampah ini tidak bisa terurai oleh tanah, jadi sanga sayang jika dibuang dan jadi limbah polusi tanah.

Anjar Widodo, penggagas seni lukisan dengan sampah plastik mengatakan kegiatan ini memberikan ketrampilan kepada anak-anak dalam mengolah sampah. “Melalui kegiatan ini anak-anak bisa memanfaatkan sampah plastik menjadi karya seni dan bisa mengurangi sampah plastik yang dibuang,” ujarnya.

Selain memberikan pelatihan mengolah sampah menjadi karya seni, para seniman dari Jogjakarta, Bandung, Jakarta, Surabaya dan dari Amerika Serikat ini juga memberikan workshop seni kepada warga di Kampung Ragam Warna Mranggen

Source http://radarsemarang.com http://radarsemarang.com/2018/07/13/sulap-sampah-jadi-lukisan/
Comments
Loading...