Kerajinan Lukisan Foto Di Karawang

0 151

Kerajinan Lukisan Foto Di Karawang

Sepertinya ada tren yang baru pada pemberian mahar kawin, biasanya hanya berupa uang yang masih tersusun rapih, penukaran dari bank tetapi itu dulu. Saat ini mahar kawin dijadikan kreasi tersendiri, bermacam kreasi dari uang kertas maupun logam, seperti mesjid, kipas, baju boneka barbie maupun foto diri dari kumpulan uang logam Rp 100 sd Rp 500.

Zein-art adalah salah satu usaha mikro yang di bangun oleh kang Zenal begitu panggilan akrabnya yang berlokasi di pinggir rel kereta lingkungan jatirasa barat (gonggo) karawang barat, karawang. Menerima pemesanan pembuatan kreasi mahar kawin dari uang kertas dan logam. Tidak hanya pembuatan mahar kawin juga menjual lukisan karya sendiri, bingkai lukisan, foto diri maupun kaligrafi. Dengan harga dan kualitas yang bersaing dengan usaha sejenis yang biasanya memiliki tempat yang memadai.

“Sebenarnya saya ingin mempunyai galery misalnya di ruko yang agak luas sehingga bisa menampilkan hasil karya lukisan lebih banyak lagi. Tidak hanya itu saja saya juga ingin galery itu juga sebagai tempat workshop untuk anak-anak yang mempunyai bakat dan keinginan melukis, yang mampu maupun yang kurang mampu”, tutur kang Zenal.

“Ada juga sih klien yang menginginkan agar memberikan pelajaran privat melukis untuk anaknya. Hanya saja saya belum bisa melayani perorangan seperti itu. Dikarenakan kadang banyak pesanan yang belum selesai.”, lanjutnya.

Usaha yang sekarang ini kadang kalau pesanan banyak di bantu oleh dua orang, misalnya dalam pembuatan bingkai dan lainnya. Sementara untuk hal-hal yang memang perlu ketelitian dan kualitas di kerjakan sendiri.

Menurut kang Zenal, klien biasanya datang selain karena puas dengan kerjaannya juga karena kualitas hasil kerjanya bisa lebih bagus tetapi dengan harga yang lebih rendah, “Saya bisa membuatkan lebih bagus tetapi dengan harga yang lebih murah, misalnya dengan lukisan silhuet yang di susun dari uang recehan 100 sampai 500 rupiah itu, jika di Bandung bisa Rp 2 juta sementara saya cuma Rp 1,5juta saja.” , sambil menunjuk ke lukisan yang di maksud.

Harga lukisannya bervariasi untuk ukuran 80×60, cukup mengeluarkan uang 800ribuan. Ada saja galery dari Jakarta yang membelinya dan kalau sudah sampai galery bisa Rp 2 jutaan. Untuk mahar mas kawin mulai dari Rp 250ribuan sampai Rp 1,5juta tergantung model dan kerumitan dalam pembuatannya. Biasanya yang cukup banyak pemesannya yang model boneka dan mesjid.

Source http://ukmkarawang.com http://ukmkarawang.com/index.php/artikel/3/kreasi-mahar,-lukisan-foto-dan-kaligrafi
Comments
Loading...