Kerajinan Lukisan Kaca Khas Tulungagung

0 214

Kerajinan Lukisan Kaca Khas Tulungagung

Berbicara tentang lukisan kaca di Kelurahan Panggungrejo, Tulungagung, Jawa Timur tentunya tidak terlepas dari keberadaan Wayang Kulit Purwa. Boleh jadi dikatakan bahwa lukisan kaca adalah produk anakkan dari sang induk, yaitu Wayang Kulit Purwa.

Kang Karyo warga tulungagung yang mempunyai nama asli Maryoko. Mencoba menggali kembali sebagai penggiat, pengrajin lukisan kaca di Tulungagung. Berawal dari keprihatinannya tentang keberadaan lukisan kaca yang semakin sulit ditemui di kotanya.

Tahun 1987, Kang Karyo memulai membuat lukisan kaca secara otodidak, pada waktu itu Kang Karyo menemui kesulitan hendak kemana jika ingin belajar melukis kaca. Memang ada beberapa pendahulu yang menurut Kang Karyo, karya lukisan kacanya sangat bagus, namun sayang beliaunya tidak mau menularkan ilmunya dengan berbagai alasan yang sudah barang tentu tidak bisa diterima akal Kang Karyo. Dari melihat beberapa karya lukisan kaca, dan beberapa kali mencoba, akhirnya Kang Karyo mampu sedikit demi sedikit menguasai.

Memang nama Kang Karyo belumlah begitu dikenal dikalangan pelukis kaca, tidak seperti pendahulunya dari Cirbon Rastika. Namun semangat dan obsesinya agar lukisan kaca diterima di kota kelahirannya patutlah mendapat perhatian. Di bawah ini beberapa kegiatan yang terkait dengan lukisan kaca yang pernah diikuti Kang Karyo.

Lukisan kaca tradisional menurut Kang Karyo, secara visualisasi hanya menampilkan tokoh-tokoh pewayangan, jadi tidak ada bedanya manakala seseorang menghias dinding rumahnya dengan sebuah wayang kulit, katakanlah tokoh Semar atau tokoh Semar dalam lukisan kaca, bedanya hanya pada benda, yaitu wayang kulit dan lukisan kaca. Sedangkan nilai-nilai yang terkandung dalam tokoh tersebut, dengan kata lain karena kehidupan sang empunya pencipta tokoh Semarlah, tokoh tersebut menjadi banyak pengagumnya.

Source Kerajinan Lukisan Kaca Khas Tulungagung Kerajinan Lukisan Kaca Khas Tulungagung
Comments
Loading...