Kerajinan Lukisan Kaligrafi Dengan Bulu Domba Di Rawamangun

0 184

Kerajinan Lukisan Kaligrafi Dengan Bulu Domba Di Rawamangun

Seni kaligrafi Islam telah berkembang selama berabad-abad. Dan tentu seni ini mendapat tempat khusus di hati umat Islam. Mungkin hal inilah yang dijadikan tolok ukur pria berusia 55 tahun bernama Soemarno. Dia menghabiskan lebih dari separuh usianya menekuni kerajinan melukis dan membuat kaligrafi pada kulit kambing yang bernafaskan Islam. Sejak saat itulah, puluhan bahkan ratusan karya Sumarno lahir di bengkel seninya di Jalan Cipinang Baru Raya Gang Anyelir, Rawamangun, Jakarta Timur.

Keahlian menatah kulit kambing hingga membentuk berbagai produk seni ini diperoleh dari ayah Soemarno yang berprofesi sebagai pengrajin wayang. Awalnya, ia selama bertahun-tahun menerima pesanan motif wayang pada kulit kambing. Namun pada `90-an mulai beralih mengerjakan lukisan motif lain dan kaligrafi berkat usul seorang pelanggan. “Jangan buat wayang¬†aja, karena konsumen kan tidak suka wayang semuanya. Tolonglah. Mayoritas di Indonesia itu agama Islam. Ciptakan ide kaligrafi, apalah, bikin tulisan Allah, Nabi Muhammad, ayat Kursi,” tutur Soemarno, mengutip usulan pelanggan waktu itu. Ide tadi disimak betul rupanya.

Seiring dengan meningkatnya pesanan produk, Soemarno pun menambah jumlah karyawannya hingga kini sebanyak delapan orang. Produk berbahan baku kulit kambing hasil karyanya kini semakin bervariasi karena ia juga menerima pesanan lain berupa kap lampu. Yang menggembirakan, peminat hasil karyanya tidak hanya asal dalam negeri, tapi dari negara tetangga, seperti warga Singapura dan Taiwan pun banyak yang menjadi pelanggannya.

Selain kaligrafi dari kulit kambing, Soemarno pun membuat lukisan lain, seperti gambar kuda, harimau, atau kereta kencana. Bahkan, ia pun suka melukis Kwan Kong atau Kwan In–manusia suci orang Tri Dharma–yang banyak diminati warga Taiwan. Kaligrafi Soemarno dihargai bervariasi. “Mulai dari Rp 17.500 sampai Rp 750 ribu,” kata Soemarno.

Berdasarkan motif desain dan tingkat kerumitan, sebuah karya ala Soemarno bisa dipatok dengan harga tertinggi Rp 1,5 juta. Soemarno mengaku optimistis pelanggannya terus bertambah. Meski diakui laba bersih per bulan yang diperoleh tidak terlalu besar, Soemarno mengaku kegiatan ini membuat bahagia dan memacunya untuk tidak berhenti berkarya.

Source https://www.liputan6.com https://www.liputan6.com/news/read/59120/lukisan-dan-kaligrafi-kulit-kambing-ala-soemarno
Comments
Loading...